Bikin Rumah Tampak Asri! Inilah Rekomendasi Warna Cat Rumah Yang Sejuk

Bikin Rumah Tampak Asri! Inilah Rekomendasi Warna Cat Rumah Yang Sejuk

warna cat tembok yang sejuk ini, konon bisa membuat penghuninya betah di rumah--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cuaca yang panas tak dipungkiri sering kali membuat penghuni rumah merasa tidak nyaman. Apalagi bila tinggal di daerah yang suhu panasnya sangat luar biasa, salah satunya Indonesia. Akhir-akhir ini, meski musim hujan sudah menghampiri sebagian wilayah Indonesia, namun beberapa wilayah terbukti masih berada pada suhu yang hangat cenderung panas kering. Supaya suasana rumah tetap nyaman, sepertinya harus mulai memikirkan warna cat rumah yang sejuk nih.

BACA JUGA:Inilah Perbedaan Mesin DOHC dan SOHC Pada Mobil

Warna cat rumah yang sejuk bagian dalam bisa meminimalisir pemakaian AC, yang seringnya membuat tagihan listrik naik saat musim panas tiba. Di dalam dunia desain interior sendiri, rupanya ada rekomendasi warna cat tembok yang sejuk.

Hebatnya, warna cat tembok yang sejuk ini, konon bisa membuat penghuninya betah di rumah meski cuaca terik, lho! Tak hanya itu saja, warna cat depan rumah yang sejuk juga berfungsi membuat tampilan rumah terkesan lebih adem dan tampak asri.

BACA JUGA:Bingung Cara Parkir Netral Mobil Matic? Ini Tipsnya

Rekomendasi warna cat rumah yang sejuk dan bikin betah
Jika tinggal di negara yang cuaca panasnya kerap ekstrim, sebaiknya mulai memilih warna cat rumah yang sejuk untuk bagian eskterior maupun interior. Hal ini dilakukan agar anggota keluarga di rumah bisa merasa nyaman ketika harus berada seharian di rumah, tak hanya itu saja, warna cat rumah yang sejuk juga lebih sedap dipandang mata.

1. Warna putih bersih dan aman
Melansir dari laman Shoreline Painting, warna putih dianggap warna yang abadi dan mampu memberikan kesan sejuk pada rumah baik bagian luar maupun dalam. Warna putih juga sangat umum digunakan, dan dinilai cocok dengan banyak tipe rumah seperti modern, klasik, hingga minimalis.

Warna putih juga merupakan warna cat depan rumah yang sejuk karena mampu memantulkan cahaya serta panas dari matahari. Meski warna yang satu ini perlu perawatan terus menerus agar terlihat tetap bersih, namun faktanya warna putih tetap menjadi pilihan terbaik lho.

BACA JUGA:Biar Salah Gak Kaprah! Begini Cara Memegang Setir Mobil yang Benar dan Tepat

2. Hindari warna gelap terutama bagian eskterior rumah
Warna cat gelap terutama pada bagian ekesterior, terbukti menyerap panas lebih cepat daripada warna yang lebih terang sehingga akan membuat bagian dalam rumah terasa lebih panas. Hindari memakai warna hitam atau biru tua, karena ini bukan merupakan warna cat depan rumah yang sejuk. Warna gelap memang terlihat sangat kokoh, menonjol, dan memberikan citra yang berani. Namun sayangnya, kalau tinggal di daerah tropis dengan suhu panas yang tinggi, maka siap-siap pemakaian AC jauh lebih banyak ya.

3. Warna kuning hingga oranye yang cerah dan ceria
Penyuka warna kuning boleh berbangga hati nih, karena merupakan salah satu warna cat rumah yang sejuk dan terkesan sangat cerah ceria. Melansir dari laman Toms Guide, warna kuning dinilai sama seperti warna putih yang mampu menyerap panas lebih sedikit.

BACA JUGA:Seberapa Penting Isi Bensin Full Tank pada Mobil

Tak hanya itu saja, faktanya warna kuning juga mewakili simbol warna yang paling membahagiakan dalam spektrum warna. Selain kuning, bisa juga menggunakan warna oranye sebagai warna cat rumah yang sejuk dan cukup ideal karena minim menyerap cuaca panas matahari.

4. Cool Britannia
Melansir dari laman Real Simple, warna bertema Cool Britannia yang diciptakan oleh Graham & Brown, dinilai bisa menjadi rekomendasi warna cat rumah yang sejuk dan mampu memantulkan panas. Warna cat tembok yang sejuk seperti Cool Britannia ini, didominasi dengan warna abu-abu dengan rona dasar biru atau perpaduan antara warna teal dan hijau.

Para ahli desain juga mengungkapkan bahwa, perpaduan warna ini adalah warna yang netral dan warna cat rumah yang sejuk bagian dalam maupun bagian luar. Warna ini digadang-gadang mampu menciptakan lingkungan yang sejuk, dapat membuat pikiran lebih fokus, hingga menenangkan pikiran.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini Dia Tips Memilih Jenis Ban Mobil yang Tepat

5. Warna ungu
Warna ungu dari dulu disebut sebagai warna bangsawan yang mewah dan elegan. Faktanya, jika memilih warna ungu muda sebagai warna cat rumah yang sejuk bagian dalam, maka akan memberikan kesan segar dan meminimalisir suhu panas yang sedang dilalui.Warna ungu muda juga cocok diaplikasikan sebagai warna cat depan rumah yang sejuk, dan membuat siapa saja tertarik memandangi rumah yang nyaman.

6. Warna Rain
Warna cat rumah yang sejuk juga bisa didapatkan melalui kombinasi warna bertajuk Rain yang diciptakan oleh Sherwin-Williams. Warna Rain ini didominasi oleh, warna biru yang tenang dan lebih terang bagai warna air pada kolam renang, pantai, atau apa saja yang berhubungan dengan air yang menyejukkan di kala musim panas tiba. Konsep warna Rain memadukan warna-warna netral sehingga menghasilkan kesan sejuk dan terkesan alami. Warna biru yang tenang ini, mampu menciptakan sebuah ruangan yang erat kaitannya dengan lautan biru yang menyejukkan dan memiliki efek relaksasi.

BACA JUGA:Langsung Cair Rp500 Ribu, Inilah Daftar Pinjol 2024 yang Diawasi oleh OJK

7. Warna hijau zaitun
Ingin tampilan rumah terkesan alami dan menyejukkan? Ibu bisa memilih warna hijau zaitun yang bersahaja. Warna zaitun memang sedikit lebih gelap jika dibandingkan dengan warna hijau pada umumnya, namun warna ini tidak seperti warna hitam yang cenderung lebih mudah menyerap panas. Agar warna cat rumah yang sejuk tetap terasa, disarankan Ibu memilih warna hijau zaitun yang sedikit lebih pucat. Kesan dingin dan sejuk akan didapatkan ketika pilihan warnanya tepat.

8. Warna Burrow
Di dunia ini ada banyak ragam warna yang unik dan dihasilkan oleh para ahli desain ternama. Semakin berkembangnya zaman, warna yang ada juga tak hanya warna dasar saja, namun warna campuran yang mampu memberikan kesan tertentu baik untuk pakaian atau cat dinding. Salah satu warna cat rumah yang sejuk dan menyenangkan adalah jenis warna Burrow yang merupakan karya Portola Paints. Melansir dari laman Real Simple, salah satu pendiri Portola Paints, Jamie Davis mengungkapkan, kalau ingin suasana rumah terasa sejuk, maka pilihlah warna Burrow.

BACA JUGA:Limit Besar dan Tenor Panjang, Inilah Update Daftar Pinjol Legal Februari 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: