Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya Agar Nikmat Dikonsumsi

Manfaat Kumis Kucing untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya Agar Nikmat Dikonsumsi

Tanaman kumis kucing mengandung berbagai senyawa alami seperti triterpenoid, glikosida, fenolik, sinensetin, eupatorin, flavonoid, tanin, saponin, dan steroid.--

12. Berfungsi Untuk Menurunkan Berat Badan
Serupa dengan manfaatnya untuk detoksifikasi tubuh, kumis kucing juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan membantu diet. Dengan meminum rebusan daun kumis kucing, diyakini dapat melancarkan aliran darah dan fungsi diuretiknya dapat membantu menurunkan berat badan secara bertahap.

13. Berfungsi Untuk Mengatasi Infeksi Pada Kandung Kemih
Masalah kandung kemih, seperti infeksi dan gangguan saluran kemih yang menyebabkan dorongan untuk sering buang air kecil termasuk salah satu penyakit yang dapat diatasi dengan kumis kucing. Kumis kucing memiliki manfaat untuk membersihkan kandung kemih serta melancarkan kerja kandung kemih.

BACA JUGA:Walikota Bengkulu Evaluasi Kinerja OPD

14. Berfungsi Untuk Mengobati Keputihan
Salah satu penyakit yang sering dialami oleh para wanita adalah keputihan. Keputihan ini merupakan gangguan pada vagina yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur dan bakteri berlebih, yang menyebabkan rasa gatal, berbau, maupun warna dari keputihan yang tidak normal. Kumis kucing bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi keputihan ini, karena kandungan anti jamur yang dimilikinya.

Cara Merebus Daun Kumis Kucing
Setelah mengetahui 14 manfaat kumis kucing di atas, berikutnya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara merebus daun kumis kucing agar dapat dikonsumsi. Hal ini penting sekali, karena tanaman daun kumis kucing perlu diolah secara tepat agar optimal khasiatnya.

Nah, biasanya ada dua cara untuk mengolah kumis kucing agar dapat dikonsumsi dengan baik dan maksimal khasiatnya. Pertama, yaitu dengan cara merebus daun kumis kucing. Berikut langkah demi langkah cara merebus daun kumis kucing:

BACA JUGA:Hutan-hutan Ini Pohonnya Berbentuk Aneh dan Unik

Pilihlah 4-5 lembar daun kumis kucing yang berkualitas baik, warna cerah, dan tidak layu. Cuci daun kumis kucing dengan air mengalir, beberapa kali hingga bersih dan tidak ada kotoran maupun debu yang menempel. Rebus daun kumis kucing dengan ¼ gelas air putih hingga mendidih. Jika sudah mendidih, matikan api. Air rebusan kumis kucing pun siap untuk dikonsumsi

Adapun cara mengolahnya yang kedua adalah dengan menghancurkan daun kumis kucing dan dihaluskan dengan air. Berikut tahapannya: Siapkan kurang lebih 50 gram daun kumis kucing yang sudah dibersihkan.Haluskan dengan 150 ml air dalam blender atau diulek hingga berbentuk menyerupai jus.Tuangkan ke dalam gelas, dan siap diminum. Cara merebus daun kumis kucing serta cara mengolahnya pun sebenarnya cukup bervariasi, sesuai dengan fungsinya. Semoga bermanfaat. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: