Ini Dia Penyebab Tremor Yang Sering Dialami Pada Usia Muda

Ini Dia Penyebab Tremor Yang Sering Dialami Pada Usia Muda

penyebab tremor juga bisa terjadi akibat dari keturunan orang tua kepada anak alias genetik--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Aktivitas sehari-hari yang padat terkadang dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Salah satu yang belakangan ini banyak dialami oleh kita adalah tremor. Dahulu, penderita tremor memang lebih banyak dialami oleh orang tua. Namun kini, baik tua maupun muda nyatanya juga bisa mengalami tremor, lho!

BACA JUGA:Diguyur Hujan Sejak Pagi, Beberapa Titik di Kota Bengkulu Tergenang Banjir

Tremor sendiri merupakan sejenis gangguan saraf yang menyebabkan tangan jadi bergetar tanpa di gerakan oleh kita. Meskipun kebanyakan tremor terjadi di area tangan, namun lengan, kaki, wajah, kepala hingga pita suara kita juga bisa mengalami tremor.

Jika tidak ditangani dengan baik, tremor justru akan semakin parah dan dapat mengganggu kemampuan motorik seseorang. Karenanya, penting untuk mengetahui apa saja penyebab tremor berikut ini.
Penyebab tremor pada usia muda

BACA JUGA:BSI Dorong Digitalisasi Pembayaran di Pasar Gede Solo

Tremor adalah sebuah gerakan yang terjadi tanpa kontrol dari kita sendiri. Tremor sendiri sangat berkaitan dengan gangguan saraf yang menjadi penyebab tangan gemetar sendiri secara berirama.cMelansir Medical News Today biasanya penyebab tremor tangan pada usia muda juga sering dikaitkan dengan gangguan fungsi otak. Di mana ada sebuah bagian yang mengatur pergerakan suatu otot tubuh. Ketika seseorang mengalami sedikit getaran sekecil apapun tanpa kontrol ini disebut dengan tremor fisiologis.

BACA JUGA:MSI Luncurkan Motherboard dan Casing Project Zero di CES 2024

Gangguan tremor fisiologis ini biasanya ditandai dengan pergerakan yang sedikit dan minim, sehingga seseorang tidak melihat atau kurang memperhatikannya. Tremor lebih sering terlihat ketika seseorang mengulurkan tangan lurus di depan tubuh atau ketika mereka stress atau cemas.

Menurut penelitian dari National Institute of Neurogical Disorders and Stroke ada lebih dari 20 jenis tremor yang dikenal dalam dunia medis. Namun, hanya 2 jenis yang cukup sering dialami pada usia muda diantaranya:

BACA JUGA:PLN Gerak Cepat Upayakan Pemulihan Pasokan Listrik di Daerah Terdampak Banjir di Musi Rawas Utara

1. Resting tremor: tremor yang terjadi ketika otot-otot sedang rileks, termasuk ketika tangan tidak melakukan aktivitas apapun atau sedang tidur.
2. Action tremor: tremor yang terjadi ketika otot kontraksi karena gerakan tertentu. Mayoritas tremor pada usia muda adalah jenis action tremor. Terkadang, tremor muncul menandakan bahwa ada masalah pada kesehatan seseorang. Terutama jika terjadi terus-menerus atau sering kambuh.

3 penyebab tremor tangan pada usia muda
Beberapa kemungkinan yang dicurigai menjadi penyebab tremor tangan pada usia muda diantaranya adalah:
1. Tremor fisiologis
Enhanced physiologic tremor (EPT) adalah salah satu jenis tremor fisiologis yang dapat memengaruhi tangan dan jari pada kedua sisi tubuh. Penyebab tremor EPT sendiri diantaranya:

BACA JUGA:Shotgun 650 Resmi Meluncur, Motor Pabrikan Royal Enfield Ini Dibanderol Rp 60 Jutaan

Stress
Mudah cemas
Kurang tidur
Terlalu banyak asupan kafein
Olahraga terlalu berat
Kelenjar tiroid yang terlalu aktif

Tremor fisiologis umumnya tidak memerlukan perawatan medis. Kecuali jika sudah sangat mengganggu pekerjaan seseorang yang sangat mengandalkan koordinasi otot halus.

BACA JUGA:5 Parfum Indomaret Ini Punya Wangi Mewah

2. Kondisi neurologis seseorang
Tremor bisa terjadi akibat adanya masalah di bagian dalam otak yang mengontrol gerakan. Beberapa kondisi neurologis yang dapat menjadi penyebab tremor tangan pada usia muda adalah:

Multiple sclerosis (MS): Penyakit degeneratif ini menyerang otak dan sumsum tulang belakang, sehingga menyulitkan saraf untuk menyampaikan pesan. Seseorang dengan MS umumnya mengalami beberapa derajat tremor. Kondisi ini akan terus berkembang menjdi kerusakan area di jalur sistem saraf pusat yang mengontrol gerakan.

BACA JUGA:Divkum Polri Beri Pemahaman Restorastive Justice ke Polresta Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: