Inilah Sosok Pemimipin Suku Indian Gagah Pemberani Melawan Penjajah

Inilah Sosok Pemimipin Suku Indian Gagah Pemberani Melawan Penjajah

Geronimo memimpin orang-orangnya dalam pelarian yang terbilang sukses dan berani, hingga akhirnya ia menjadi buronan tentara AS--

Mereka mati karena Meksiko menawarkan uang untuk kulit kepala setiap penduduk asli Amerika, sehingga banyak pembunuh bayaran yang mencari pundi-pundi untuk mendapatkan keuntungan dengan membunuh setiap orang Indian. Bertekad untuk menghilangkan pembunuhan atas kaumnya, Mangas Coloradas dan pasukannya mulai menimbulkan kekacauan, bahkan mereka membunuh semua warga kota Santa Rita tanpa ada yang tersisa sedikit pun.

Ketika pemerintah AS menyatakan perang terhadap Meksiko, Mangas Coloradas mengambil kesempatan untuk bergabung dengan AS untuk membalaskan dendamnya kepada orang Meksiko. Ia kemudian menandatangani perjanjian dengan Amerika yang mengizinkan tentara Amerika bebas keluar masuk wilayah suku Apache. Namun, seperti yang biasanya terjadi, ketika beberapa tentara menemukan bahwa tanah suku Apache sangat kaya dengan emas dan perak, pemerintah AS pun menganggap perjanjian itu tidak pernah ada.

BACA JUGA:Wajah Tetap Glowing dan Minim Kerutan di Usia 60 Tahun, Pakai Masker dari Biji Ini

Pada tahun 1863, pasukan AS mulai melakukan penyerangan terhadap suku Apache, mereka menabrak bendera lambang gencatan senjata yang dibuat berdasarkan perjanjian perdamaian yang sudah tidak berlaku lagi. Merasa dikhianati, Mangas Coloradas tidak sempat untuk melakukan perlawanan dan berusaha melarikan diri, namun ia tertangkap dan dibunuh dengan cara dimutilasi. Asa Daklugie, keponakan Geronimo, mengatakan bahwa kejadian ini merupakan awal pelajaran bagi suku Apache untuk memutilasi orang-orang yang memiliki nasib buruk bertemu dengan suku ini.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: