Inilah 5 Stik Golf Termahal di Dunia! Ada yang Berusia Ratusan Tahun

Inilah 5 Stik Golf Termahal di Dunia! Ada yang Berusia Ratusan Tahun

Simon Cossar adalah salah satu pabrikan stik golf pertama yang mengukir namanya pada produk yang dia ciptakan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sejarah golf dimulai dengan asal usul yang kurang jelas, tetapi banyak tulisan menjelaskan bahwa permainan golf berasal dari Skotlandia dan ditemukan sekitar tahun 1100-an.  Melansir laman Historic UK, golf awalnya adalah bentuk pertahanan diri melawan invasi "Auld Enemy" dengan memukul kerikil menggunakan tongkat kayu. Sejarah itu kemudian ditentang Profesor Ling Hongling dari Universitas Lanzhou.

BACA JUGA:Termasuk Dosa Besar, Ini 3 Jenis Zina dalam Agama Islam

Profesor Ling Hongling menyebutkan bahwa permainan mirip golf telah dimainkan di Tiongkok pada era Dinasti Tang Selatan sekitar 500 tahun sebelum golf disebut-sebut untuk pertama kali di Skotlandia. Bukti mutakhir ditunjukkan lewat Catatan Dōngxuān yang ditulis Wei Tai dari Dinasti Song (960–1279) mengandung penjelasan tentang permainan bernama chuiwan, lengkap dengan gambar-gambar tentang permainan tersebut.

Orang Dinasti Song memperagakannya dengan 10 jenis tongkat, di antaranya tongkat yang disebut cuanbang, pubang, dan shaobang. Tongkat permainan berhiaskan giok dan emas, sehingga waktu itu golf mungkin cuma permainan orang kaya. Dalam arsip Tiongkok ditulis tentang pejabat Dinasti Tang Selatan yang mengajari putrinya cara menggali lubang di tanah dan memasukkan bola ke dalamnya.

BACA JUGA:Mengapa Nissan Livina EL M/T Sulit Dijual? Ini Alasannya Kurang Diminati!

Klub golf tertua di dunia, Royal and Ancient Golf Club of St Andrews kemudian membantah dan  tidak sepakat dengan klaim sang profesor. Menurut mereka, permainan serupa golf memang sudah ada sejak lama. Namun, permainan golf dengan 18 lubang berasal dari Skotlandia. Peraturan tertulis pertama yang mengatur permainan golf juga berasal dari sana. Seiring waktu, permainan golf modern menyebar ke Inggris, dan kemudian ke seluruh dunia.

Terlepas dari pro kontra tersebut peralatan golf sejatinya hanya stik dan bola. Akan tetapi, tipe-tipe stik sangatlah banyak, bergantung fungsi yang berbeda-beda tiap kondisi. Pada dasarnya ada tiga jenis stik golf, yaitu Wood yang dirancang untuk membuat pukulan jarak jauh; Iron yang menghasilkan pukulan panjang tetapi tak sepanjang pukulan menggunakan stik wood, dan Putter untuk tahapan akhir dan membuat bola masuk ke hole.

BACA JUGA:Ini Dia Rahasia Keunggulan Tersembunyi Toyota Yaris 2024 GR Sport

Meskipun ada banyak sekali pilihan saat memilih stik golf, tapi detailnya membuat semua perbedaan. Termasuk bahan yang digunakan, berat, sudut, konstruksi, dan jumlah uang yang Anda investasikan di dalamnya. Berikut daftar 5 stik golf termahal di dunia dikutip dari luxatic.com.

5. Long Nose Scraped Golf Club – Rp1,2 miliar
Long Nose Scraped Golf Club, berasal dari abad ke-18. Meskipun terbilang tua, tetapi kondisinya masih sangat baik. Stik fenomenal ini dijual pada 2007 melalui lelang. Harganya cukup mengejutkan untuk sebuah stik golf tua, yakni US$91.000 atau kisaran Rp1,2 miliar.

BACA JUGA:Perlengkapan Wajib yang Dipersiapkan Diri Sebelum Mendaki

4. Golden Putter First Lady Special Edition - Rp2,1 miliar
Perusahaan Jerman Barth & Sons menciptakan stik golf yang benar-benar unik: Edisi Khusus Ibu Negara Golden Putter atau Golden Putter First Lady Special Edition.

Dibuat dari kayu ceri, dengan lapisan sangat tipis emas 24 karat pada batangnya dan berlian bertatahkan di atasnya. Ditambah lagi pegangan kulit dan kepala dengan dekorasi kristal. Tongkat golf yang mempesona ini hadir dengan harga yang mencengangkan, US$ 150.000 atau Rp2,1 miliar.

BACA JUGA:Masih Bandel Gunakan Knalpot Brong, Siap-siap Sekolah di Kota Bengkulu Didatangi Polisi

3. Square Toe Light Iron Golf Club - Rp2,13 miliar
Urutan ketiga ditempati stik golf antik yang dilelang pada lelang Sotheby 2007. Dinamakan Square Toe Light Iron Golf Club, berasal dari tahun 1600-an dan terbuat dari besi ringan. Nilai historis dan kelangkaannya membuat harga stik golf ini melambung, mencapai US$ 151.000 atau Rp2,13 miliar.

Diketahui bahwa hanya ada selusin stik golf yang berasal dari abad ke-17. Untuk memilikinya tak cukup bermodal kaya raya, tapi punya hoki yang bagus agar beruntung bisa mendapatkan salah satu dari ini.

2. Simon Cossar Fruitwood Metal Headed Blade Putter - Rp2,32 miliar
Simon Cossar adalah salah satu pabrikan stik golf pertama yang mengukir namanya pada produk yang dia ciptakan. Salah satu karya legendarisnya berasal dari abad ke-18. Stik ini memiliki putter pisau berkepala logam dan poros yang dibuat dari kayu buah langka ditambah hosel yang diikat sebagai pelengkap.

BACA JUGA:Daun Sirih Cina Bisa Membuat Anda Terlihat 10 Tahun Lebih Muda Diusia 50 Tahun

Dikenal sebagai Simon Cossar Fruitwood Metal Headed Blade Putter, stik golf antik ini dijual di pelelangan dengan harga tidak kurang dari US$165.000 atau Rp2,32 miliar.

1. Andrew Dickson Long Nosed Putter - Rp2,5 miliar
Predikat stik golf termahal di dunia disandang Andrew Dickson Long Nosed Putter. Stik golf ini konon menjadi yang tertua di dunia, berasal dari tahun 1700-an. Keotentikan dan keasliannya telah diverifikasi dan menjadikannya Stik golf paling berharga di dunia. Dalam sebuah lelang, stik golf legendaris ini dibanderol dengan harga yang fantastis senilai US$181.000 atau Rp2,5 miliar.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: