Tanpa Campuran Retinol, Inilah Trik Bikin Kulit Kering dan Keriput Menjadi Mulus Kembali

Tanpa Campuran Retinol, Inilah Trik Bikin Kulit Kering dan Keriput Menjadi Mulus Kembali

Tips mengatasi kulit kering dan keriput-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kulit kering adalah jenis tipe kulit yang cenderung kehilangan kelembapan pada lapisannya secara cepat. 

Dikarenakan minimnya komponen hidrasi alami dalam kulit, hal ini menyebabkan lapisan pelindung pada orang dengan tipe kulit kering pada umumnya cukup lemah. 

Biasanya, orang yang memiliki tipe kulit ini seringkali mengalami ketidaknyamanan seperti rasa kulit yang ketat, kemerahan, hingga gatal-gatal sekalipun.

Faktor utama mengeringnya kulit adalah pengaruh dari dehidrasi. dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan sehingga kehilangan kelembapan alaminya.

BACA JUGA:Lihat Hasilnya Dalam 9 Hari, Cerahkah Flek Hitam Wajah Pakai Masker dari Bahan Ini

Dehidrasi kulit sendiri juga dapat diperparah oleh paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari yang memiliki efek mempercepat penguapan atas kelembapan alami kulit, serta merusak serat kolagen serta elastin di dalam kulit.

Kerusakan serat kolagen dan elastin inilah yang membuat kulit kering rentan memiliki tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Hal ini dikarenakan produksi kolagen dan elastin sebagai komponen penting yang mempertahankan elastisitas kulit sangat tergantung pada tingkat kelembapan kulit. 

Dengan kata lain, penurunan kelembapan kulit akan mempengaruhi berkurangnya produksi kedua komponen tadi, sehingga memicu munculnya tanda penuaan di kulit.

Akan tetapi, kamu nggak usah bingung sampai repot beli serum retinol yang mahal. Soalnya, kamu bisa mengandalkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasi masalah tersebut. 

BACA JUGA:Mampu Hilangkan Bekas Luka! Ini Dia 6 Obat Cacar Air Tradisional Paling Ampuh

Salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan campuran oats dan bunga mawar.

Oats merupakan salah satu sumber karbohidrat alternatif yang kaya akan komponen beta-glukan, suatu jenis serat larut yang membantu meningkatkan kelembapan kulit. 

Selain itu, oats juga mengandung senyawa fenolik, vitamin B kompleks, serta mineral yang berperan dalam meregenerasi dan menjaga kesehatan kulit. 

Melalui komponen di atas, oats mampu memberikan efek kelembapan dan relaksasi pada kulit secara mendalam, sehingga mengurangi timbulnya kerutan di kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: