Sortir dan Lipat Surat Suara, KPU Kota Bengkulu Temukan Surat Suara Rusak

Sortir dan Lipat Surat Suara, KPU Kota Bengkulu Temukan Surat Suara Rusak

Proses pelipatan surat suara Pemilu 2024 di Kota Bengkulu-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu pada hari ketiga pelaksanaan sortir dan lipat surat menemukan beberapa surat suara dengan kondisi rusak.

Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasat menjelaskan, dari ratusan ribu lembar surat suara yang ada, beberapa ditemukan rusak saat hendak dilipat. 

Ia menyebutkan ada berbagai macam jenis kerusakan terutama ada surat suara yang sobek yang kemungkinan ketika di dalam kardus dan diikat terlalu erat sehingga ada yang sobek.

Kemudian, ada juga surat suara yang pemotongannya sidak sesuai sehingga ada tambahan sedikit agak melebar, terus ada yang terlipat sehingga tulisannya tidak kelihatan, dan lain-lain. 

BACA JUGA:Dugaan Pelanggaran Kampanye Capres di Universitas, Bawaslu Kota Bengkulu Klarifikasi TKD dan Pihak Kampus

"Setiap hari temuan surat suara yang rusak itu kita rekap lalu akan kita laporkan secara berjenjang ke KPU Provinsi Bengkulu," katanya.

Sejauh ini, belum ada dugaan kecurangan-kecurangan dari surat suara yang rusak karena adanya bekas lubang di kolom kandidat tertentu. 

"Untuk jumlah surat suara yang rusak ini belum kita rekap seluruhnya. Jadi nanti setelah kita rekap, kita laporkan dan akan dikirim surat suara yang baru," jelasnya. 

Proses penyortiran dan pelipatan masih berjalan dan ditargetkan selesai 14 Januari ini. Nantinya surat suara yang rusak ini juga akan diganti dengan surat suara yang baru. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: