Menjelajahi Pulau Maratua Surganya Para Penyelam di Kepulauan Derawan Kalimantan Timur

Menjelajahi Pulau Maratua Surganya Para Penyelam di Kepulauan Derawan Kalimantan Timur

Pulau Maratua di Kepulauan Derawan-Akun Instagram @pulaumaratua-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kepulauan Derawan merupakan kepulauan yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Tak heran jika banyak wisatawan yang bertandang ke Kalimantan Timur memilih kepualauan ini sebagai tujuan wisata.

Kepulauan Derawan memiliki tiga pulau yang menawakan destinasi wisata yang menarik yaitu, Pulau Derawan, Pulau Maratua, dan Biduk Biduk, Berau

Salah satu yang menjadi incaran para wisatawan adalah Pulau Maratua, pulau ini masuk di dalam gugusan kepulauan Derawan Kabupaten Berau. Pulau ini berada di ujung Kalimantan Timur dan berbatasan langsung dengan Filipina Selatan dan Sabah, Malaysia Timur.

Asal usul nama “Maratua” ini sendiri berasal dari kata ‘mertua’ dalam bahasa Jawa. Sedangkan ada mitos yang mengatakan Pulau Maratua ini merupakan bagian dari cerita pernikahan di sebuah kapal yang mengalami musibah. 

BACA JUGA:Menyelam Menikmati Keindahan Telaga Nilem, Habitat Ikan-ikan Nilem Khas Jawa Barat

Ketika acara pernikahan dimulai tiba-tiba kapal terhantam ombak karena ada badai laut yang begitu kencang sehingga kapal pecah dan keluarga yang berada di kapal tersebut terpisah. Semua anggota keluarga menjadi pulau-pulau di kepulauan Derawan. 

Anak perempuan yang menjadi mempelai wanita menjadi Pulau Derawan yang artinya ‘perawan’. Ibunya menjadi Pulau Semama, kakaknya menjadi Pulau Kakaban. Dari pihak mempelai laki-laki menjadi Pulau Sangalaki dan calon mertua menjadi Pulau Maratua.


Keindahan bawah laut Pulau Maratua-Akun Instagram @pulaumaratua-

Pulau kecil yang memanjang dan melengkung tajam ini akan menambat hati setiap wisatawan dengan keindahan alamnya. Menjadi rumah bagi Suku Bajo dengan keseharian sebagai nelayan, Pulau Maratua juga menawarkan kearifan lokal yang hangat.

BACA JUGA:Berselancar di Pantai Nihiwatu, Pantai dengan Ombaknya yang Ganas dan Tercepat di Dunia

Namun yang menjadikan Pulau Maratua digemari oleh wisatawan lokal dan mancanegara adalah keindahan bawah lautnya. Pulau Maratua disebut-sebut sebagai surga para penyelam dengan spot-spot diving yang indah dan beragam. Terumbu karang dan warna-warni ikan-ikan yang memanjakan sejauh mata memandang.

Pulau ini menawarkan beragam fasilitas yang tentu saja mendukung untuk dapat merasakan pengalaman liburan paling berkesan. Popularitasnya membuat Maratua kini telah dilengkapi resort dan cottage yang ideal dan berstandar internasional.


Para Penyelam yang menikmati keindahan bawah laut Pulau Maratua-Akun Instagram @pulaumaratua-

Misalnya Noah Maratua Resort dan Arasatu Villas & Sanctuary merupakan contoh resort mewah yang seperti mengapung di atas laut. Harga kamar per malamnya berkisar 2 juta dan 4 juta ke atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: