Nikmati Nasi Itik Gambut Kuliner Lezat Khas Kota Banjar

Nikmati Nasi Itik Gambut Kuliner Lezat Khas Kota Banjar

Nasi itik Gambut khas Kota Banjar-Akun Instagram @banjardijakarta-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ada berbagai macam kuliner yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Kota Banjarmasin. Salah satunya nasi itik gambut. Sesuai dengan namanya nasi itik gambut berasal dari daerah gambut yang ada di Kalimantan Selatan.

Nasi itik gambut merupakan nasi putih yang dihidangkan bersama lauk itik goreng dengan bumbu habang atau bumbu merah khas Banjar yang dibungkus menggunakan daun pisang. 

Cara penyajian yang mirip dengan masakan Sunda atau Jawa ini membuat nasi itik gambut mudah diterima oleh berbagai lapisan masyarakat. 

Daging itik yang biasanya terkesan alot dan keras, tetapi  nasi itik gambut ini mampu diolah hingga menjadi sebuah hidangan daging itik yang lembut serta memiliki cita rasa bumbu yang meresap.

BACA JUGA:Wajib Coba ! Nikmatnya Kuliner Sehat Kalangan Keraton Sanggau di Kalimantan Barat

Selain daging itiknya yang khas, sambal masak habang yang meresap di daging itik juga memiliki kekhasan. Bumbu habang membuat nasi itik ini menjadi terasa lebih nikmat, disebabkan perpaduan citarasa bumbu-bumbu dapur yang digunakan, seperti cabai merah kering yang sudah dihaluskan dengan bawang merah, bawang putih, jahe, gula aren, kayu manis, cengkeh dan terasi. . 

Selain itu, nasi yang disajikan pun bukan nasi biasa, sebab beras yang diolah merupakan beras nomor satu dari Kecamatan Gambut yang terkenal dengan julukan kota padi ini. 

Daerah Gambut cukup banyak warung yang menjual nasi itik gambut yang bisa kamu sambangi untuk merasakan kenikmatan makanan yang satu ini. Nasi itik gambut selalu ramai diserbu pembeli. 

Kalau kamu lagi kurang beruntung, maka bisa mampir lagi ke warung yang sama lain hari.  Nasi itik ini dijual dengan harga mulai dari Rp. 13.000 ribu hingga Rp. 20.000 ribu rupiah. 

BACA JUGA:10 Rekomendasi Wisata Kuliner Khas Kalimantan Timur

Ada banyak warung yang menjual nasi itik Gambut di Kalimantan Selatan, seperti warung barokah, warung mama baiti dan warung tenda biru. Warung Tenda Biru lokasinya ada di Jl. A. Yani KM 14 Gambut, Banjarmasin.

Jadi jika Anda ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas yang satu ini. Jika tidak mau ribet Kamu juga bisa mencoba memasaknya sendiri di rumah, berikut ini resep dan cara pembuatannya: 

Bahan-bahan :

1 buah dada itik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: