Agar Mudah Bangun Sholat Tahajud, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Sarankan 8 Hal Ini

Agar Mudah Bangun Sholat Tahajud, Ustadz Syafiq Riza Basalamah Sarankan 8 Hal Ini

Ustadz Syafiq Riza Basalamah bagikan tips agar mudah bangun tahajud-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Diketahui bahwa Sholat Tahajud merupakan salah satu amalan sunnah yang masih menjadi tantangan bagi sebagian umat Islam karena waktu pelaksanaannya berada di sepertiga malam, saat kebanyakan orang tengah tertidur pulas.

Menurut penjelasan dari Ustadz Syafiq Riza Basalamah, yang merujuk pada penjelasan dari Imam Abu Hamid Al-Ghazali, kiat untuk melakukan shalat malam dapat dibagi menjadi empat bagian yang terlihat (zahir) dan empat bagian yang tersembunyi.

BACA JUGA:Lebih Utama Mana Sholat Tahajud atau Sholat Rawatib? Berikut Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

BACA JUGA:Agar Amalan Tak Habis Sia-sia, Ustadz Syafiq Riza Basalamah: Hentikan Kebiasaan Ini Mulai Sekarang

Hal yang Tampak

1. Jangan Banyak Makan dan Minum

Agar bisa bangun di tengah malam, salah satu hal penting adalah mengurangi konsumsi makanan dan minuman secara berlebihan, karena hal tersebut dapat menyulitkan seseorang untuk terjaga di waktu tersebut.

"Khususnya ketika Ramadhan, maka jangan banyak makan dan minum. Tapi secukupnya saja," terang Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

2. Jangan Terlalu Cape

Jika seseorang terlalu lelah akibat berbagai aktivitas di siang hari, kemungkinan besar ia akan merasa sangat lelah di malam hari. Kelelahan ini justru bisa membuatnya kesulitan untuk bangun pada waktu malam.

3. Sebaiknya Tidur Siang

Anjuran tidur siang tersebut sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya:

"Kalian tidur siang, sesungguhnya setan itu tidak tidur siang,".

"Jadi Antum jangan jadi setan. Usahakan tidur siang karena ini perintah Nabi ‘Alaihish Shalatu was Salam. Sempatkan! Tidur tidak harus banyak, cukup 15 atau 20 menit. Yang penting dalam tidur itu bukan panjangnya, tapi dalam atau nyenyaknya. Antum tidur siang, mau sebelum Zuhur boleh, mau setelah Zuhur juga boleh," terang Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: