Ini Dia Fakta Unik Gunung Rinjani, Ada Tanaman Sakral yang Tidak Boleh Dipetik

Ini Dia Fakta Unik Gunung Rinjani,   Ada Tanaman Sakral yang Tidak Boleh Dipetik

Danau Segara Anak Gunung Rinjani-foto: ig noviherdyy-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Mengaku pecinta alam dan penikmat gunung? Wajib banget menjadikan Gunung Rinjani di daftar pendakian milikmu. Pasalnya gunung ini merupakan gunung impian para pendaki, karena memilki panorama yang indah yang tidak diragukan lagi.

Dilansir dari laman wikipedia.org, Gunung Rinjani terletak di utara Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani  merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl.

Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan dikelilingi oleh hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar merupakan pemandangan yang asri bagi Gunung Rinjani.

Gunung Rinjani terletak di Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA:Gunung Semeru Jawa Timur, Indahnya 'Puncak Abadi Para Dewa'

Beragam daya tarik yang ditawarkan destinasi wisata yang satu ini. yuk simak daya tarik Gunung Rinjani berikut.

1. Menjadi Seven Summits Indonesia

Seven Summits merupakan daftar puncak tertinggi berdasarkan kawasannya, baik dalam suatu negara atau di seluruh dunia.Di Indonesia, Gunung Rinjani menempati urutan ketiga dalam daftar seven summits-nya. Dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl, membuat Gunung Rinjani berada di urutan kedua setelah Puncak Cartenz di Gunung Jayawijaya di Papua dan Gunung Kerinci di Jambi. 


Gunung Rinjani-foto: ig noviherdyy-

2. Padang Savana

Gunung Rinjani sering mendapat julukan itu karena adanya hamparan padang sabana yang begitu luas. Padang savana ini juga memiliki sangat sedikit pohon, jadi tak heran jika udaranya terasa panas. Cuaca yang cukup panas ini memberikan sensasi seolah sedang berjalan di tepi pantai.

3. Jadi Gambar Dalam Mata Uang

Pesona keindahan Gunung Rinjani pernah diabadikan dalam pecahan mata uang Rp 10.000 keluaran tahun 1998.

4. Memiliki Anak Gunung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: