Lebih Ampuh dari Doa, Berikut Ini Keutamaan Sedekah Setiap Hari

Lebih Ampuh dari Doa, Berikut Ini Keutamaan Sedekah Setiap Hari

sedekah lebih ampuh digunakan sebagai ikhtiar tolak balak daripada sekadar doa. --

“Perhatikanlah, sungguh tebusan zaid (anak itu) diterima dan ia akan mendapat pertolongan,” kisahnya penuh kekaguman.

BACA JUGA:Bisa Membuat Bayi Lahir Prematur! Inilah Dampak Stres yang Dialami Saat Hamil

Saat itu, datanglah beberapa sosok laki-laki berpakaian serba putih yang kemudian membawa kapal yang ditumpanginya ke daratan terdekat, sehingga selamatlah sang anak, seluruh orang yang bersamanya dan barang yang mereka bawa. Setelah istirahat secukupnya, mereka melanjutkan pelayaran hingga kembali ke rumah masing-masing dengan selamat. Subhânallah. (Muhammad bin Abdullah al-Jurdani, Al-Jawâhir al-Lu’lû-iyyah fi Syarhil al-Arba’înin Nawawiyyah, [Mansoura, Maktabatul Îman, cetakan pertama, tahqiq: Abdullah al-Munsyawi]), halaman 97).

Demikianlah, sedekah ternyata lebih efektif digunakan sebagai ikhtiar tolak balak atau keselamatan jiwa. Bahkan, Abu Hurairah RA meskipun merupakan sosok yang berilmu luas, yang paling banyak meriwayatkan hadits, dan yang sangat tekun beribadah, lebih memilih sedekah untuk tolak balak daripada sekadar berdoa. 

BACA JUGA:Ini Dia 10 Macam-macam Phobia Paling Umum!

Namun begitu, tentu sedekah yang dilakukan semestinya dengan menggunakan harta yang halal, bukan syubhat apalagi haram, sebagaimana riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Innallâha thayyibun lâ yaqbalu illâ thayyiban: Sungguh, Allah adalah Dzat yang Mahasuci dari segala kekurangan dan hanya menerima hal-hal yang baik. (HR Muslim).

Karenanya, awali hari ini dengan sedekah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengisi kotak amal masjid dan mushala usai shalat subuh.  Membagi nasi bungkus, menebar kue kepada pengguna jalan untuk bekal atau sangu, dan lainnya.

Semoga dengan demikian Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada kita dalam mengisi kegiatan seharian. Di samping tentu saja tetap mendawamkan atau membiasakan berdoa dan berbuat baik kepada siapa saja yang dijumpai. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: