Miliki Kulit Wajah Kombinasi? Begini Tips Perawatannya

Miliki Kulit Wajah Kombinasi? Begini Tips Perawatannya

Tips merawat kulit kombinasi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jika merasa kulit kering di sekitar pipi, kulit berminyak di sekitar hidung, dan juga pori-pori yang cenderung lebih besar di bagian hidung. Hal tersebut umumnya dikenal dengan kondisi kulit kombinasi. 

Dengan kondisi tersebut, biasanya seseorang yang memiliki kulit kombinasi ini mungkin merasa bingung ketika memilih produk perawatan untuk kulitnya lantaran kulit kombinasi ini merupakan gabungan antara kulit berminyak dan kulit kering. 

Di sisi lain, memilih produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga berpotensi membawa masalah baru pada kulitmu.

Lantas, bagaimana cara merawat kulit kombinasi dengan tepat?

1. Menggunakan gel cleanser

Buat kamu pemilik kombinasi, sebaiknya gunakan pembersih dengan tekstur gel. Pembersih dengan tekstur gel ini cocok untuk kulit kombinasi lantaran lembut di kulit. Pembersih dengan tekstur gel ini juga tidak membuat kulit kombinasimu berubah menjadi kering.

2. Membilas wajah dengan air hangat

BACA JUGA:Pori-pori Besar? Kandungan Aktif Ini Bisa Bantu Atasi

Meski air hangat disebut-sebut bisa membuat kulit berubah semakin kering, air hangat dinilai baik untuk seseorang yang memiliki kulit kombinasi. Pasalnya, air hangat bisa mengatasi minyak berlebih di area t-zone.

Tidak berhenti sampai di sana, uap yang diperoleh dari air hangat ini juga bisa mencegah masalah pori-pori tersumbat.

3. Hindari produk perawatan kulit yang mengandung alkohol

Kandungan alkohol pada produk perawatan kulit bisa mengiritasi kulit. Bagi pemilik kulit kombinasi, kandungan alkohol bisa menarik air dari kulit sehingga kulit tampak kering. Agar kelembapan serta sebum pada kulit tetap seimbang, kamu bisa memilih produk perawatan kulit yang bebas alkohol.

4. Menggunakan produk perawatan kulit yang bebas minyak dan komedo

Hal lain yang tak kalah penting untuk diterapkan oleh pemilik kulit kombinasi adalah memilih produk perawatan kulit yang bebas minyak dan komedo. Langkah ini dinilai dapat meminimalisir terjadinya pori-pori tersumbat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: