Manfaat Teh Hijau Untuk Wajah Lebih Sehat Dan Awet Muda

Manfaat Teh Hijau Untuk Wajah Lebih Sehat Dan Awet Muda

masker teh hijau--

Kombinasi kandungan kafein dan suhu kantung teh yang dingin dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan di sekitar mata. Namun, pastikan mata dalam keadaan bersih dan tidak sedang menggunakan lensa kontak saat Anda melakukan perawatan ini.

6. Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Minum teh hijau, mengonsumsi suplemennya, atau mengoleskan produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau, dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah proses penuaan dini.

Manfaat ini berkat kandungan antioksidan katekin pada teh hijau yang mampu meremajakan sel-sel kulit mati sekaligus melindungi dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Tidak hanya itu, kandungan vitamin di dalam teh hijau juga berperan dalam menjaga kulit tampak awet muda dan tetap kencang.

7. Mencegah kanker kulit

BACA JUGA:Dosen dan Mahasiswa S1 Farmasi UNIB Berikan Edukasi Gerakan Bank Sampah Serta Bagikan Masker dan Handsanitizer

Perawatan kulit wajah dengan teh hijau, baik dari luar menggunakan skincare maupun dalam dengan minum teh atau suplemen, juga dapat mencegah kanker kulit.

Menurut berbagai penelitian, kandungan polifenol dan katekin pada teh hijau dapat membantu memperbaiki kerusakan DNA akibat paparan sinar UV. Hal ini nantinya akan melindungi kulit dari risiko terkena kanker.

Jika ingin mendapatkan manfaat teh hijau untuk wajah, Anda bisa mengonsumsi suplemen dengan dosis sekitar 250–500 miligram per hari yang setara dengan 3–5 cangkir teh hijau atau sekitar 1,2 liter. Pastikan suplemen ekstrak teh hijau yang Anda pilih mengandung katekin atau epigallocationchin gallate (EGCG).

BACA JUGA:Ini Dia Manfaat Masker untuk Mencerahkan Wajah

Namun, perlu diingat bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau secara berlebihan melebihi dosis harian atau meminumnya saat perut kosong, bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Oleh karena itu, cara paling aman dan efektif memperoleh manfaat teh hijau untuk wajah adalah dengan mengolahnya sebagai perawatan alami atau menggunakan rangkaian skincare yang dilengkapi dengan kandungan ekstrak teh hijau. Pilihlah produk yang tertulis aman untuk semua jenis kulit, mengandung teh hijau murni, serta bebas pewarna, pewangi, dan paraben.

Jika masih ragu memanfaatkan teh hijau untuk perawatan kulit wajah atau justru mengalami reaksi alergi akibat penggunaan skincare yang mengandung teh hijau, sebaiknya segera hentikan penggunaan dan berkonsultasilah ke dokter. Nantinya, dokter akan membantu Anda dalam menentukan bahan skincare yang cocok untuk kulit. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: