Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Mana Lebih Baik!

Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga? Mana Lebih Baik!

Kamu memiliki kebebasan untuk memilih apakah akan makan sebelum olahraga, setelah olahraga, atau keduanya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Agar tetap sehat, kamu membutuhkan asupan nutrisi dan berolahraga secara teratur. Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting. Kebutuhan cairan dan nutrisi dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat.

Namun, ada satu pertanyaan umum yang sering muncul, yaitu lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga? Apa manfaat makan sebelum atau sesudah olahraga? Yuk, simak terus penjelasannya berikut.

BACA JUGA:Akun LazPayLater Kamu Dinonaktifkan Sementara? Tenang, Begini Cara Gampang Mengatasinya

Sebuah penelitian menyatakan bahwa respons tubuh terhadap olahraga bisa berbeda, tergantung pada apakah kamu sudah makan atau belum. Sebuah analisis menemukan bahwa kinerja tubuh lebih baik saat makanan dikonsumsi sebelum melakukan olahraga jangka panjang atau lebih dari satu jam. makan sebelum olahraga biasanya dilakukan oleh atlet dan mereka yang berolahraga jangka panjang.

Namun, bagi sebagian orang, makan sesudah olahraga mungkin membuat lesu atau mual. Sebagian lagi merasa lemah dan lelah jika belum makan. Sebagian besar ilmuwan berpendapat bahwa makan setelah berolahraga dapat bermanfaat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan nutrisi, terutama karbohidrat dan protein dapat membantu tubuh pulih setelah olahraga.

BACA JUGA:Armageddon : Pertempuran Besar Muslim dan Israel

Lantas, lebih baik makan sebelum atau sesudah olahraga? Berdasarkan Cleveland Clinic, jawabannya adalah melakukan keduanya. Kamu memiliki kebebasan untuk memilih apakah akan makan sebelum olahraga, setelah olahraga, atau keduanya.

Jika kamu memilih untuk tidak makan sebelum olahraga, segeralah makan setelah berolahraga. Mengonsumsi protein dapat memperbaiki otot dan jaringan lain. Karbohidrat juga bisa memulihkan glikogen. Hal ini bergantung pada kondisi, kenyamanan, dan intensitas dalam melakukan olahraga.

BACA JUGA:Ada Lowongan Kerja di OJK, Buruan Daftar

Jika hendak berkendara, namun bahan bakar habis, kamu pasti langsung mengisinya terlebih dulu, bukan? Prinsipnya juga sama saat kamu mempersiapkan tubuh untuk berolahraga. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan sebelum olahraga.

Memberikan energi untuk tubuh
Makan sebelum olahraga dapat memberi energi pada tubuh untuk menjalankan olahraga tersebut. Sehingga, kamu bisa berolahraga dengan intensitas yang lebih tinggi.

Memperkuat otot
Makan makanan yang mengandung protein sebelum olahraga juga efektif untuk menumbuhkan dan memperkuat otot. Pastikan kamu makan dalam jumlah yang cukup sebelum berolah raga.

BACA JUGA:Rival Rocky-Raize Meluncur Di India, Inilah Suzuki Fronx 2023

Mencegah rasa lapar
Camilan yang dimakan sebelum berolahraga mungkin tidak akan memberi energi tambahan jika olahraga berlangsung kurang dari 60 menit, tetapi makanan tersebut dapat mencegah rasa lapar yang mengganggu selama berolahraga.

Studi menunjukkan bahwa makan atau minum karbohidrat sebelum berolahraga dapat meningkatkan kinerja latihan sehingga kamu bisa berolahraga untuk waktu yang lebih lama atau dengan intensitas yang lebih tinggi. Jika tidak makan, kamu mungkin bisa merasa lesu atau pusing saat berolahraga.

BACA JUGA:2 Cara Praktis Top Up Saldo e-Toll BRIZZI, Perjalanan Makin Lancar di Jalan Tol

Setelah olahraga, tubuh akan kehilangan banyak energi. Makan sesudah olahraga dapat mengatasi hal ini. Berikut ini adalah manfaat makan sesudah olahraga.

Memulihkan energi
Makan sesudah olahraga dapat memulihkan pasokan energi. Setelah olahraga, kamu akan merasa lelah atau bahkan lapar. Makan setelah olahraga dapat membuat tubuh menjadi pulih.

Atasi nyeri otot, sesak, dan kram
Manfaat makan setelah olahraga lainnya adalah dapat mengatasi nyeri otot dan keluhan lainnya setelah berolahraga. Nah, untuk itu, segera mengisi energi tubuh dapat membantu kamu menangkal nyeri otot, sesak, dan kram.

BACA JUGA:Ingin Jadi Pramugari, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi
Bahaya belum makan saat olahraga
Melakukan olahraga saat perut kosong ternyata bisa memberikan beberapa efek negatif bagi kesehatan tubuh, yaitu:

Risiko terjadinya hipoglikemia meningkat. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu mengalami mual, pusing, gemetar, hingga pingsan.
Jika kamu belum makan saat olahraga, kamu akan merasa lesu atau pusing.
Jika kamu belum makan sehingga tidak cukup energi saat olahraga, hal ini bisa menurunkan stamina kamu. Sehingga, kamu akan cepat merasa lelah dan tidak kuat untuk berolahraga lama.
Ada penelitian yang menyatakan bahwa melakukan olahraga ketika perut kosong bisa meningkatkan nafsu makan. Jika kamu makan lebih banyak dari yang biasanya, ini bisa menaikkan asupan kalori di tubuh kamu.

BACA JUGA:Agar Diberi Kemudahan dan Kelancaran Saat Ujian Sekolah, Amalkan Doa-doa Berikut

Tips makanan sehat setelah olahraga
Makan setelah olahraga yang baik bagi tubuh adalah makan makanan yang kaya akan nutrisi. Berikut ini adalah beberapa pilihan makanan dan minuman yang baik dikonsumsi setelah olahraga:
Almond
Susu cokelat
Yoghurt
Pretzel
Apel
Selai kacang
Minuman olahraga

BACA JUGA:Keutamaan Istighfar Setelah Tahajud, Ustadz Adi Hidayat: Semua Doa Akan Segera Dikabulkan

Jika kamu berencana makan setelah beberapa jam berolahraga, inilah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi.
Ayam tumis
Nasi merah
Sayuran
Kacang hitam
Selada

BACA JUGA:Agar Mudah Bangun untuk Tahajud, Ikuti 10 Tips Berikut, Diantaranya Diajarkan Rasulullah SAW

Berikut ini adalah beberapa tips jika kamu memutuskan untuk makan setelah olahraga. Makan camilan yang mengandung protein 15-60 menit setelah olahraga untuk mengisi energi.
Beberapa jam kemudian, makan makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein.
Penting untuk mengganti elektrolit yang hilang. Maka, setelah olahraga, minumlah minuman berprotein atau susu cokelat.
jangan makan berlebihan. Makan besar sebaiknya dilakukan 3-4 jam sebelum olahraga. Sedangkan makan ringan sebaiknya dilakukan 1-3 jam sebelum olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: