Maskne atau Jerawat Akibat Pakai Masker, Begini Tips Mencegahnya

Maskne atau Jerawat Akibat Pakai Masker, Begini Tips Mencegahnya

Mask Acne-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

2. Minimalisir Penggunaan Make Up

Penggunaan make up saat memakai masker wajah kemungkinan besar akan menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan munculnya jerawat. 

Jika tetap harus menggunakan make up, pastikan memakai produk make up berlabel "non-comedogenic" atau "won’t clog pores".

3. Gunakan Masker Wajah Yang Sesuai

Adapun jenis masker yang direkomendasikan adalah masker medis untuk tenaga kesehatan dan masker nonmedis atau masker kain untuk orang sehat. 

Dalam penggunaannya, pilihlah masker wajah dengan ukuran pas serta terbuat dari bahan lembut dan alami seperti katun pada lapisan dalam sehingga memudahkan Anda bernapas.

Untuk masker kain, pilih yang memiliki tiga lapisan (lapisan dalam berupa bahan penyerap seperti katun, lapisan tengah berupa bahan tanpa tenun seperti polipropilena, dan lapisan luar berupa bahan yang tidak mudah menyerap air seperti poliester atau campuran poliester).

BACA JUGA:Perawatan Wajah dengan Filler dan Botox, Begini Manfaat dan Efek Sampingnya

Hindari masker kain yang terbuat dari bahan nilon, poliester, dan rayon pada lapisan yang menempel di kulit Anda. Bahan-bahan ini lebih cenderung mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan berjerawat. 

4. Istirahatkan Kulit dari Masker Selama 15 Menit Setiap 4 Jam

Melepas masker untuk mengistirahatkan kulit hanya dapat dilakukan saat keadaan aman dan setelah mencuci tangan. Tempat aman untuk melepas masker antara lain :

- Di luar ruangan, saat Anda bisa berada setidaknya enam kaki dari orang sekitar.

- Di dalam mobil pribadi saat Anda sendiri.

- Di rumah.

Jika maskne timbul dan bertambah parah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis dermatologi terdekat untuk memperoleh diagnosis dan penanganan medis secara tepat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: