Kenali Tandanya! Ini Dia Ciri-Ciri Wajah Tidak Cocok Memakai Serum

Kenali Tandanya! Ini Dia Ciri-Ciri Wajah Tidak Cocok Memakai Serum

Ciri-ciri tidak cocok memakai serum pada kulit wajah yang paling umum dan mungkin bisa mudah kamu kenali, yaitu warna kulit yang menjadi lebih gelap dari sebelumnya--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perbedaan jenis dan kebutuhan kulit setiap orang menyebabkan ada beberapa orang yang mungkin mendapatkan hasil yang diharapkan setelah menggunakan suatu produk skincare tertentu; kulit tampak lebih sehat dan glowing.

Sementara beberapa orang lainnya justru menunjukkan ciri-ciri tidak cocok skincare seperti munculnya jerawat, kemerahan, hingga wajah terasa panas. Dengan kata lain, satu produk skincare tidak untuk semua orang. Di antara banyak produk perawatan kulit wajah, serum menjadi satu produk skincare yang sering menunjukkan ciri-ciri tidak cocok skincare pada beberapa orang.

BACA JUGA:Bolehkah Manusia Berburu Hantu? Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat dan Buya Yahya

Hal itu karena, serum mengandung bahan aktif yang diperuntukkan untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu. Itu artinya, jika kamu tidak memiliki permasalahan kulit yang ditarget bahan aktif dalam produk serum tersebut, kulit kamu akan memberikan respon negatif dengan cara menunjukkan ciri-ciri tidak cocok memakai serum.

Berikut ini beberapa ciri-ciri tidak cocok memakai serum pada kulit wajah yang paling umum. Simak ciri-cirinya di bawah ini!

1. Menimbulkan sensasi panas terbakar
Salah satu reaksi umum kulit saat tidak cocok memakai serum, yakni bisa menimbulkan sensasi kesemutan atau tingling sensation hingga sensasi panas terbakar. Namun, tingling sensation tidak selalu berarti ciri tidak cocok skincare, karena terkadang sensasi ini juga menjadi tanda bahwa skincare yang kamu pakai sedang bekerja pada kulit.

Meskipun tampak serupa, tetapi biasanya tingling sensation karena tidak cocok akan berlangsung lebih lama dibandingkan dengan tingling sensation karena produk skincare sedang bekerja pada kulit. Bahkan, setelah beberapa menit tingling sensation akan bisa berubah menjadi sensasi panas terbakar pada kulit. Jika kamu merasakan sensasi tersebut pada pada kulit wajah setelah beberapa saat memakai produk serum, sebaiknya segera bersihkan kulit wajah hingga bersih dan aplikasikan pelembap atau aloe vera gel untuk membantu menenangkan kulit.

BACA JUGA:Syarat dan Cara Pinjam Uang di Kredit Pintar Lewat Dompet Digital LinkAja

2. Muncul jerawat atau breakout
Tak hanya menimbulkan sensasi tingling dan panas terbakar pada kulit, muncul jerawat atau breakout juga bisa menjadi ciri-ciri tidak cocok memakai serum lainnya. Ini juga semakin parah jika kamu memiliki kulit yang memiliki jenis kulit mudah berjerawat. Atau, jika kamu memiliki kulit yang tidak mudah berjerawat sekalipun, tidak cocok memakai serum juga bisa memunculkan banyak jerawat secara tiba-tiba pada kulit wajah.

Munculnya jerawat ini merupakan respon penolakan alami kulit terhadap bahan aktif atau kandungan lainnya dalam produk serum. Jika kamu menyadari munculnya banyak jerawat di wajah kamu setelah menggunakan produk serum baru, segera hentikan pemakaian untuk mencegah kondisi kulit yang lebih parah.

3. Muncul ruam kemerahan pada kulit
Ciri-ciri tidak cocok memakai serum berikutnya yakni munculnya ruam kemerahan pada kulit. Ini juga merupakan respon penolakan alami kulit terhadap bahan aktif atau kandungan lainnya dalam produk serum. Munculnya ruam kemerahan biasanya juga diikuti dengan kulit yang sangat kering, muncul rasa gatal, hingga mengelupas. Jika kamu memperhatikan adanya ruam kemerahan pada kulit disertai dengan gejala lainnya setelah menggunakan produk serum baru, segera hentikan pemakaian untuk mencegah kondisi kulit yang lebih parah, ya!

BACA JUGA:Tips Jitu Cara Mengatasi Penuaan Dini untuk Kulit Lebih Kencang dan Elastis!

4. Muncul benjolan tak biasa di kulit wajah
Tidak cocok memakai produk serum juga bisa ditandai munculnya benjolan tidak biasa di kulit wajah. Benjolan tersebut merupakan reaksi ketidakcocokan kulit terhadap suatu bahan atau kandungan tertentu dalam produk serum.  Benjolan kecil ini umumnya mengarah ke masalah dermatitis dikarenakan penggunaan produk serum yang mengandung vitamin C atau A, yang cenderung berisiko mengiritasi dan menyebabkan peradangan pada kulit.

5. Warna kulit menjadi lebih gelap
Ciri-ciri tidak cocok memakai serum pada kulit wajah yang paling umum dan mungkin bisa mudah kamu kenali, yaitu warna kulit yang menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Tapi, bukan karena kamu habis berjemur, ya. Kulit wajah yang terlihat lebih gelap setelah memakai produk serum tertentu bisa menjadi efek dari pemakaian produk skincare dengan kandungan aktif yang dapat meningkatkan produksi melanin. Jika kamu memperhatikan perubahan warna kulit setelah menggunakan produk serum baru, segera hentikan pemakaian produk dan konsultasi dengan dokter jika dibutuhkan.

BACA JUGA:Agar Tajir Melintir, Amalkan Doa Cepat Kaya Berikut

6. Tekstur kulit wajah terlihat tidak merata
Satu lagi ciri-ciri tidak cocok memakai serum yang mudah kamu kenali, yaitu tekstur kulit yang tampak tidak merata. Ini juga semakin diperparah dengan munculnya jerawat, bruntusan, ruam kemerahan, dan kulit terkelupas.

Selain menghentikan pemakaian produk serum, hal ini juga bisa diatasi dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, sekitar satu sampai dua kali seminggu, untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan dibantu produk skincare lainnya yang cocok di kulit kamu. Tujuannya dilakukannya eksfoliasi ini untuk mempercepat regenerasi sel kulit yang baru agar bisa terlihat halus dan glowing.

BACA JUGA:Bahaya! Modus Joki Pinjol Bikin Kredit Macet Makin Menumpuk

Jika kamu mengalami ciri-ciri tidak cocok memakai serum yang disebutkan di atas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini, antara lain:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: