Jurnalistik Unib Gandeng UMB dan UIN Batu Sangkar Gelar Pelatihan Dasar Pewarta dan Sekolah Jurnalistik

Jurnalistik Unib Gandeng UMB dan UIN Batu Sangkar Gelar Pelatihan Dasar Pewarta dan Sekolah Jurnalistik

Foto bersama Jurnalistik Unib, UIN Batu Sangkar, Sumatera Barat, dan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu-(foto: hadi/bengkuluekspress.com)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tiga Program Studi dari 3 Universitas, melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama Sama (PKS) dalam rangka  peningkatan mutu studi kejurnalistikan yang di gelar di Gedung Laboratorium Internasional Room, Fisip Universitas Bengkulu, Senin (13/11/2023).

Penandatanganan PKS ini dilakukan oleh Program Studi Jurnalistik Fisip Unib, Jurnalistik Islam UIN Mahmud Yunus Batu Sangkar, Sumatera Barat, dan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bengkulu yang bertajuk kolaborasi pengabdian kepada masyarakat.

Selain menggelar PKS, ketiga program studi ini juga menggelar workshop  dasar-dasar pewarta bersama sekolah jurnalistik dengan menyasar para pelajar SMA/SMK di Kota Bengkulu sebagai audiennya.

BACA JUGA:Program Magister Manajemen Unived, Lahirkan Lulusan Perdana

Dikatakan Ketua Prodi S1 Jurnalistik Unib Yuliati , S.Sos., M.I.kom, tujuan dari kegiatan ini sendiri untuk membekali para siswa dalam keterampilan pada bidang jurnalistik. 

Yuliati menambahkan, para pelajar ini dipilih untuk menjadi peserta karena mereka bagian dari jurnalis warga (citizen jurnalsm).

Maka dari itu penting untuk mereka pahami bagaimana cara menyampaikan dan memberitakan informasi sesuai penulisan berita yang benar.

BACA JUGA:Prodi Jurnalistik Fisip Unib Jalin Kerjasama dengan Prodi Ilmu Komunikasi UMM

"Kegiatan ini telah direncanakan sejak awal tahun lalu dan kami pun mengajak dari 2 prodi lainnya untuk berkolaborasi dalam melaksanakannya. Selama persiapan hingga pelaksanaan kegiatan Alhamdulillah tidak ada kendala yang begitu berarti dan semuanya berjalan lancar," kata Yuliati.

Yuliati pun berharap, dengan adanya PKS serta kegiatan dasar-dasar pewarta  dan sekolah jurnalistik ini dapat menumbuhkan minat pelajar dalam menyampaikan informasi yang baik dan benar pada masyarakat melalui tulisan sebagai jurnalis warga.

"Kita berharap kegiatan yang kita lakukan hari ini dan ilmu-ilmu yang diberikan pada para pelajar dapat di implementasikan dengan baik kedepannya," imbuhnya.

BACA JUGA:Puluhan Mahasiswa Jurnalistik Unib Dibekali Ilmu Fotografi dan Sinematografi

Pada kegiatan ini pula, ada tiga materi yang berikan ke peserta yaitu penulisan berita, fotografi jurnalistik, dan citizen journalism.

Acara ini tidak hanya memberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga melibatkan sesi praktik yang memberikan pengalaman langsung kepada peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: