Mengenal Mikrodermabrasi Wajah? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Mengenal Mikrodermabrasi Wajah? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Mikrodermabrasi Wajah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

1. Mengurangi Flek Hitam Akibat Penuaan

Salah satu fungsi mikrodermabrasi wajah adalah untuk mengatasi flek hitam di wajah, khususnya pada individu berusia lanjut. Prosedur ini terbilang efektif untuk mengobati hiperpigmentasi kulit akibat proses penuaan seperti melasma dan lentigo senilis.

2. Menyembuhkan Bekas Jerawat

Manfaat mikrodermabrasi wajah selanjutnya adalah membantu menghaluskan permukaan kulit akibat bekas jerawat. Dengan prosedur ini, lapisan atas kulit yang mengandung sel-sel mati dan jaringan parut akibat jerawat dapat diangkat. 

Dengan mengelupaskan lapisan kulit mati tersebut, proses regenerasi kulit baru dapat terstimulasi, sehingga bekas jerawat di kulit dapat menjadi lebih rata dan halus seiring waktu. Tak hanya itu, mikrodermabrasi wajah juga berfungsi merangsang produksi kolagen agar bisa menciptakan kulit yang kenyal dan sehat.

3. Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

BACA JUGA:Wajah Kembali Cerah Berseri, Berikut Cara Mengangkat Sel Kulit Mati

Kerutan dan garis halus di wajah menjadi salah satu alasan utama seseorang melakukan perawatan mikrodermabrasi wajah. Pasalnya, prosedur ini diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit, mengingat kerutan pada kulit dapat timbul karena menipisnya produksi kolagen.

Secara keseluruhan, metode ini dianggap efektif untuk meremajakan kulit dengan mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah akibat stres, proses penuaan, hingga paparan sinar UV dalam jangka waktu lama.

4. Mengatasi Kulit Kusam

Menurut American Academy for Dermatology Association, mikrodermabrasi wajah bisa dijadikan opsi untuk mengatasi kulit kusam akibat paparan sinar ultraviolet. Kulit wajah biasanya akan tampak lebih cerah setelah melakukan perawatan secara berkala antara 1–2 minggu hingga 1 bulan sekali dengan total 5–16 kali perawatan.

5. Memudarkan Stretch Mark

Metode mikrodermabrasi wajah diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan kulit sekaligus mendukung pergantian sel-sel kulit mati. Treatment ini juga dipercaya sebagai opsi aman untuk memudarkan stretch mark, terlebih saat pertama kali muncul.

Cara Kerja Mikrodermabrasi Wajah

Dalam praktiknya, durasi pengerjaan mikrodermabrasi wajah membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Terdapat tiga jenis mikrodermabrasi wajah yang dapat dilakukan oleh dokter, yaitu :

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: