Kulit Wajah Kering? Berikut Cara Mengatasinya Agar Kembali Halus dan Lembap

Kulit Wajah Kering? Berikut Cara Mengatasinya Agar Kembali Halus dan Lembap

Cara mengatasi kulit wajah kering-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penting untuk mengetahui cara mengatasi kulit wajah kering agar wajah tampak lebih lembap, sehat, dan halus. Sebab, masalah kulit wajah kering tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga bisa menunjukkan gejala dari gangguan kulit lainnya.

Selain menggunakan produk perawatan kulit, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan alami, mengonsumsi makanan bernutrisi, hingga mencukupi kebutuhan cairan tubuh untuk mencegah kulit kering

Penyebab Kulit Wajah Kering

Kulit kering terjadi ketika wajah tidak memproduksi minyak alami atau sebum yang cukup untuk menjaga kelembapan kulit. Selain kering, kulit wajah yang tidak terjaga kelembapannya juga bisa terlihat kusam dan kasar, bahkan muncul ruam kulit.

Hal tersebut dapat disebabkan oleh faktor genetik, paparan udara panas kering atau dingin, terlalu sering mencuci muka, mandi air panas terlalu lama, kondisi medis tertentu, atau paparan bahan kimia tertentu. 

BACA JUGA:Kulit Wajah Mengelupas? Pahami Penyebab dan Cara Menanganinya

Selain itu, penggunaan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering, misalnya obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering

Jika dibiarkan dalam kondisi kering, kulit wajah akan lebih rentan terkena iritasi dan infeksi kulit. Adapun beberapa cara mengatasi kulit wajah kering yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan Pelembap Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kering yang pertama adalah menggunakan pelembap wajah setiap hari. Penggunaan pelembap wajah disarankan untuk dilakukan sesaat setelah mencuci muka. Pelembap wajah berfungsi untuk meningkatkan penyimpanan cairan pada  kulit sehingga kelembapan kulit wajah menjadi lebih terjaga.

Pelembap wajah tak hanya perlu digunakan saat pagi dan siang hari, tetapi juga malam hari sebelum tidur. Selain itu, jangan lupa menggunakan pelembap wajah jika sedang berada di daerah dengan suhu dingin. Pasalnya, suhu dingin dapat menyebabkan kelembapan kulit turun dan memicu kulit kering.

2. Mencuci Muka Dengan Air Dingin

Mencuci wajah dengan air hangat atau panas dapat menyebabkan kelembapan alami pada wajah hilang, sehingga kulit wajah akan semakin kering. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mencuci wajah dengan air dingin. Kemudian saat mencuci muka, gunakan facial wash khusus untuk kulit wajah kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: