Badan Lemas Tak Bertenaga, Bisa Jadi Gaya Hidup Buruk Penyebabnya

Badan Lemas Tak Bertenaga, Bisa Jadi Gaya Hidup Buruk Penyebabnya

Penyebab rasa lelah yang luar biasa sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Rasa lelah umumnya akan memburuk sata aktivitas semakin berat dan bergerak fisik terlalu banyak.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan lemas dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Badan lemas membuat aktivitas menjadi terhambat bukan? Tentunya ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan dan aktivitas kamu sehari-hari.

Ada beberapa penyebab badan lemas tak bertenaga yang sering dialami dan terkadang tubuh lemas ini hanya dianggap sebagai gejala ringan dari suatu penyakit saja, padahal bisa jadi menjadi indikasi penyakit yang lebih berat lho. Yuk bahas selengkapnya dalam ulasan ini.

BACA JUGA:Jangan Pernah Lakukan ini, Ustadz Adi Hidayat: Bila Tak Ingin Aliran Rezeki Terputus

Kondisi badan lemas tak bertenaga
Penyebab badan lemas tak bertenaga seringkali disebabkan karena suatu penyakit atau sedang mengalami gejala tertentu. Tubuh menjadi sangat lemah dan lemas sehingga membuat kegiatan menjadi terhambat bahkan tidak bisa dilakukan sama sekali. Kondisi ini sering juga disebut dengan asthenia.

badan lemas bisa terjadi pada beberapa anggota tubuh saja, atau bahkan seluruh tubuh. Kelelahan yang ekstrim dan kekurangan energi merupakan respon dari berbagai hal seperti bosan, kurang tidur, kebiasaan makan buruk, aktivitas yang padat, dan sampai kondisi penyakit tertentu.

badan lemas ini terkadang tidak hilang hanya dengan istirahat atau tidur saja. Beberapa kasus Kelelahan akan bisa diatasi dengan mengubah pola makan, manajemen stress dan pola hidup yang baik. Apa saja gejala badan lemas yang bisa bisa diidentifikasi?

BACA JUGA:4 Keunggulan Tokopedia Paylater, Ini Syarat dan Cara Aktivasinya

Gejala badan lemas tak bertenaga

Gejala dan penyebab badan lemas tak bertenaga bisa berbeda-beda berdasarkan penyebabnya. Gejala yang dialami mungkin hanya pada beberapa bagian saja, tapi bisa jadi keseluruhan bagian tubuh. Berikut gejala badan terasa lemas:

Badan lemas terisolasi. Gejala ini terasa pada bagian tubuh tertentu. Sulit menggerakan tubuh dengan sempurna, lingkup gerak terbatas, gerakan lambat, hingga terasa gemetar atau tremor pada saat menggerakan tubuh, terdapat pula kedutan pada beberapa bagian otot.
Lemas seluruh tubuh. Gejala lemas ini menyerang seluruh area tubuh, tidak ada energi dan kondisi tubuh seperti terserang flu, demam atau sakit otot.
Lemas darurat. Gejala ini menyebabkan kamu kehilangan kemampuan hingga dinyatakan darurat. Sakit kepala hebat, sulit napas, melihat atau berbicara, terdapat rasa sakit di dada.

BACA JUGA:Hukum Bekerja di Tempat Riba, Buya Yahya: Harus Melakukan Ini

Penyebab badan lemas tak bertenaga yang beragam ini tentu harus segera diperiksakan ke dokter apabla terdapat gejala seperti:
Pusing
Perasaan linglung
Sulit bicara
Masalah penglihatan
Sulit bernapas
Nyeri pada bahu
Apa saja penyebab badan lemas?

BACA JUGA:Agar Rezeki Lancar dan Usaha Sukses, Amalkan 7 Doa Berikut

Penyebab badan lemas tak bertenaga
Beberapa penyebab badan lemas tak bertenaga antara lain:

1. Gaya hidup tidak sehat

Gaya hidup biasanya akan memicu kebugaran seseorang, jika pola hidup buruk maka banyak penyakit yang mungkin akan menyerang. Faktor ini akan terus terjadi dan menyebabkan rasa lelah yang luar biasa.Kebiasaan seperti pola kerja yang buruk, kurang tidur, terlalu banyak beban pekerjaan hingga kurang aktivitas fisik dapat menyebabkan lemas luar biasa.

2. Sleep apnea

Sleep apnea adalah kondisi yang menyebabkan gangguan tidur dan membuat pernapasan berhenti selama tidur. Organ tubuh seperti otak akan mengalami kekurangan oksigen sehingga berakibat pada kelelahan anggota tubuh karena karbon dioksida yang menumpuk.

3. Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan mental yang memicu badan lemas. Kondisi ini dapat memunculkan perasaan tidak bahagia, stres hingga akan muncul dampak pada kesehatan fisik. Depresi akan memangkas banyak energi, sulit tidur, tidak ada nafsu makan, sulit fokus dan lelah tubuh serta mental yang luar biasa.

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Mewarnai Rambut, Apakah Aman untuk Janin?

4. Hipotiroidisme

Kadar hormon tiroid yang rendah menyebabnya badan menjadi lemas. Kondisi ini biasanya akan menyerang tulang dan system otot. Tiroid banyak dialami oleh perempuan dan ditandai dengan depan leher mempunyai bentuk kupu-kupu.

5. Penyakit jantung

Penyebab rasa lelah yang luar biasa sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Rasa lelah umumnya akan memburuk sata aktivitas semakin berat dan bergerak fisik terlalu banyak. Ada baiknya, kamu memeriksakan kondisi jantungmu ke dokter, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

6. Anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: