Benarkah Malam Jumat Banyak Roh Bergentayangan, Simak Penjelasan Buya Yahya

Benarkah Malam Jumat Banyak Roh Bergentayangan, Simak Penjelasan Buya   Yahya

Penjelasan Buya Yahya terkait dengan kepercayaan bahwa saat malam Jumat banyak roh yang bergentayangan-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Di antara sebagian masyarakat di Indonesia, menghadapi malam Jumat seringkali dihubungkan dengan mitos yang menakutkan dan dipercayai terkait dengan hal-hal seram.

Pada malam Jumat, terdapat anggapan di kalangan sebagian masyarakat bahwa banyak roh gentayangan berkeliaran.

Apakah ini hanya mitos atau fakta adalah suatu perdebatan yang telah mendapat tanggapan dari ulama, seperti Buya Yahya dari Cirebon.

BACA JUGA:Benarkah Sakit yang Tak Kunjung Sembuh Karena Jin, Berikut Jawaban Tegas Buya Yahya

BACA JUGA:Benarkah Cicak Binatang Pembawa Sihir, Ini Penjelasan Buya Yahya

Bahkan di antara sebagian masyarakat Pulau Jawa, masih ada keyakinan bahwa malam Jumat Kliwon adalah yang paling seram.

Mitos malam Jumat Kliwon seringkali dikaitkan dengan keyakinan tentang adanya banyak roh bergentayangan yang mungkin berwujud penampakan orang yang telah meninggal dunia.

Di antara sebagian masyarakat di Indonesia, masih ada kepercayaan bahwa pada malam Jumat, roh orang yang telah meninggal akan pulang ke rumah keluarga mereka untuk meminta doa atau perhatian.

Santri di Pondok Pesantren Al-Bahjah di Cirebon membacakan pertanyaan yang cukup umum dalam masyarakat, yaitu apakah benar roh orang yang telah meninggal akan pulang untuk meminta doa setiap malam Jumat.

Buya Yahya mengungkapkan bahwa dia pernah mendengar dengan singkat bahwa ada keyakinan bahwa setiap malam Jumat, ahli kubur, atau dengan kata lain, arwah atau roh orang yang telah meninggal, kembali ke rumah mereka untuk meminta doa.

Namun, jika arwah atau roh orang yang telah meninggal tidak mendapatkan doa, mereka diyakini akan menangis sambil kembali ke kuburnya.

"Itu namanya ilmu khayal. Itu salah, sebab tidak ada yang seperti itu, dan bertentangan dengan agama Islam," kata Buya Yahya.

BACA JUGA:Apakah Hukum Merancap Dalam Islam, Berikut Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA:Pedagang Sering Menaikkan Harga, Bagaimana Hukumnya dalam Islam? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: