Ternyata Minyak Jarak Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ternyata Minyak Jarak Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Saat dioleskan pada kulit yang terluka, minyak jarak dapat membantu proses penyembuhan. Hal ini karena minyak jarak mampu melembabkan area kulit yang terluka dan mencegah luka mengering.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Minyak jarak dibuat dari biji tanaman jarak. Manfaat Minyak jarak sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Namun, Minyak jarak juga memiliki efek samping. Apa saja manfaat dan efek samping Minyak jarak? Yuk, simak penjelasan mengenai beragam manfaatnya di bawah ini.

Minyak jarak dibuat dari biji tanaman jarak (Ricinus communis) yang telah dikenal sejak lama, untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan. Saat ini minyak jarak terus digunakan sebagai campuran makanan, obat-obatan herbal, dan produk perawatan kulit. Manfaat minyak jarak juga digunakan untuk mengobati bisul, abses, tumor jinak, dan sakit kepala migrain.

BACA JUGA:Gelar Rakor, Pj Walikota Bengkulu Tindaklanjuti Arahan Presiden Jokowi

Kandungan dalam minyak jarak
Terdapat kandungan kimia utama Castor Carrier Oil adalah: Asam Risinoleat, Asam Oleat, Asam Linoleat (Asam Lemak Omega-6), Asam Linoleat (Asam Alfa-Linolenat), Asam Lemak Omega-3), Asam Stearat, dan Asam Palmitat. Berikut kandungannya, antara lain:

Asam Risinoleat
Bermanfaat untuk menenangkan gatal, bengkak, radang, luka, dan infeksi jamur.Melawan bakteri penyebab jerawat. Meningkatkan pertumbuhan rambut. Melembutkan dan melembabkan rambut dan kulit. Menyeimbangkan hormon serta menghilangkan racun tubuh.

BACA JUGA:Pj Walikota Salurkan Bantuan GPS ke Siswa SMPN 2 Kota Bengkulu

Asam Oleat
Bermanfaat untuk mengobati, antara lain: Menjaga kelembutan, kekenyalan, dan kecerahan kulit dan rambut.Membantu tumbuhnya rambut lebih tebal dan kuat.Mengurangi penuaan dini. Menghilangkan ketombe. Mencegah peradangan sendi, kekakuan, dan nyeri.

Asam Linoleat (Asam Lemak Omega-6)
Dikenal manfaatnya untuk: Melembapkan rambut dan mendorong pertumbuhan. Mempermudah penyembuhan luka. Menunjukkan sifat anti-inflamasi dan Mempromosikan retensi kelembaban di kulit dan rambut.

BACA JUGA:DJP Bengkulu Ingatkan Masyarakat Lapor SPT Tahunan Sebelum Desember

Asam Lemak Omega-3
Bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Mengontrol pembekuan darah dan menenangkan nyeri sendi dan mengurangi kekakuan.

Asam Stearat
Menjadi agen pengemulsi ideal yang mengikat air dan minyak.Membantu produk tetap kuat saat disimpan dalam jangka waktu yang lama.Memiliki sifat pembersihan yang sangat baik serta melembutkan kulit.

Palmitat
Bermanfaat untuk membuat rambut lebih lembut, dan tidak berminyak.

BACA JUGA:Cari Rotan, Pemuda di Rejang Lebong Tewas Tertimpa Pohon

Manfaat minyak jarak

Minyak jarak dipercaya memiliki manfaat kesehatan dan juga kecantikan, mulai dari meredakan penyakit kulit hingga gangguan sistem pencernaan. Banyak produk kosmetik juga menjadikan minyak jarak untuk bahan utama.Berikut berbagai manfaat minyak untuk kecantikan:

1. Mengatasi jerawat
Minyak jarak mengandung asam risinoleat, senyawa kimia yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jenis jerawat di wajah. Selain itu, kandungan minyak jarak dianggap mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan peradangan, sehingga jerawat bisa diatasi.

2. Melembapkan kulit
Manfaat minyak jarak dengan adanya asam risinoleat, berguna untuk melembapkan kulit. Adanya kandungan asam risinoleat mampu mencegah air supaya tidak hilang di bagian luar kulit. Karena teksturnya yang kental, sebaiknya mencampur minyak jarak dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.Ingat, meski mengoleskan minyak jarak ke kulit secara umum aman-aman saja, beberapa orang bisa mengalami reaksi alergi.

BACA JUGA:Pura-pura Jadi Karyawan Bank, Gadis Asal Seluma Diciduk Polisi

3. Mencegah keriput
Kerutan merupakan salah satu tanda penuaan yang terjadi pada semua orang. Ternyata, minyak jarak juga bisa mencegah kerutan. Hal ini karena minyak jarak bisa menyerap kulit hingga dalam, serta mampu membantu produksi kolagen. Kolagen juga dapat menghaluskan dan menghidrasi kulit sehingga tampak awet muda.

Minyak jarak bagi kesehatan punya banyak manfaat, di antaranya:

Singkirkan jamur
Candida albicans adalah jamur berbahaya yang dapat menyebabkan masalah mulut, seperti infeksi gusi. Untungnya, minyak jarak memiliki kemampuan untuk membunuh jamur seperti Candida albicans.Dalam sebuah penelitian, minyak jarak punya andil dalam mengobati stomatitis atau sariawan. Dalam penelitian tersebut, peradangan oleh stomatitis pada 30 orang lanjut usia berhasil berkurang melalui penggunaan minyak jarak.

BACA JUGA:Ini Dia Tren Hits Pakaian Pria Eropa Abad ke-15

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: