Harga Bawang Masih Tinggi

Harga Bawang Masih Tinggi

\"bawang\"BENGKULU, BE - Harga bawang putih dan merah di pasar tradisional di Kota Bengkulu, Sabtu (23/3) belum juga normal. Haranyanya masih di atas Rp.40.000/kg

Pantauan BE, harga bawang putih masih bertahan Rp50.000/kg. Sementara bawang merah juga belum normal harganya masih  mencapai Rp.45.000 hingga Rp. 50.000/kg.

\"Harga bawang saat ini belum juga turun-turun,  harganya masih seperti biasa atau kisaran harga bawang masih di atas Rp.50.000/kg,\" kata Tati (37), pedagang bawang di Pasar Panorama Bengkulu.

Menurutnya, pasca terjadinya kenaikan harga bawang beberapa waktu lalu, pihaknya lebih lebih mengurangi penjualaan yang biasanya mengambil bawang sekitar 60 kg, untuk sekarang ia hanya 20-30 kg. \"Biasanya saya ngambil bawang untuk berjualan  60 kilogram atau satu karung, semenjak harga bawang masih mahal saya cuma ngambil 20-30 kilogram. Satu karung itu biasanya saya beli sekitar Rp 1,5 juta, tapi sekarang sudah Rp 2 juta,\" ungkapnya.

Hal yang sama dirasakan Eva (50), penjual bawang dan bumbu di Pasar Minggu. Dia mengatakan,  semenjak harga bawang naik, penjualannya menurun sekitar 50 persen, dan untuk stok ia juga berkurang. \"Penjualan saya sekarang menurun sampai 50 persen, stok juga berkurang, saya tidak tahu harga bawang turun lagi. Sampai saat ini harganya masih 50 ribu,\" kata Eva.

Lilis (30), pembeli bawang di Pasar Minggu mengungkapkan, ia sangat berharap harga bawang normal kembali, karena pentingnya bawang sebagai bumbu utama dalam kebutuhan rumah tangga.

Selama harga bawang naik, dia merasakan kesulitan. Biasanya ia membeli bawang 1 kilogram, karena mahal hanya mampu membeli setengah kilogram saja. \"Saya biasanya beli bawang 1 kilo, kini saya cuma bisa beli setengah kilogram,\" keluhnya.(cw5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: