Kapan Harus Ganti Kampas Rem Mobil? Simak Penjelasan Berikut

Kapan Harus Ganti Kampas Rem Mobil? Simak Penjelasan Berikut

Ilustrasi krem komponen rem mobil-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Minat Mengendarai Motor Kopling, Ini Tips Dan Triknya

Pasti sistem pengereman akan terlibat. Bukan hanya itu, kampas rem juga akan mempengaruhi kecepatan mobil. 

Sebagai pengemudi, Anda tentu ingin mengendalikan kendaraan dengan baik. Adanya kampas rem membuat mobil bisa dikendalikan dengan penuh serta tidak memunculkan masalah yang berarti. 

3. Membantu Kendaraan Melewati Medan yang Sulit

Ketika mengendarai mobil pada medan yang sulit, kampas rem mobil memiliki peran sangat besar. baik di jalanan turunan atau jalanan menanjak, Anda pasti akan menginjak rem. 

Ketika berada di tanjakan dan dalam keadaan yang cukup ramai, kampas rem akan menahan laju mobil sehingga membuat mobil menurunkan akselerasi.

Tanda Kampas Rem Harus Segera Diganti

Setelah mengenal fungsi kampas rem, berikutnya adalah mengetahui tanda kampas rem habis dan harus ganti. Berikut berbagai ciri-ciri kampas rem mobil habis, antara lain :

1. Suara Decitan Terdengar

Kapan harus ganti kampas rem? Ketika Anda mendengar suara decitan saat menginjak rem, ini menjadi tanda umum kampas rem harus segera diganti karena sudah mulai habis. Bunyi yang muncul seperti gesekan besi atau logam. 

Mengapa bisa demikian? Alasannya adalah kampas rem yang sudah habis akan meninggalkan bagian besinya.

Jika sudah demikian, sistem pengereman tidak terkena kampas lagi, tetapi bagian besi tersebut. Inilah penyebab kemunculan suara decitan ketika menginjak pedal rem. 

2. Pedal Rem Bergetar Ketika Diinjak

Apa yang terjadi jika kampas rem habis? Selain mengeluarkan suara yang berdecit, ciri lainnya adalah rem menjadi bergetar ketika diinjak.

Biasanya, hal ini disebabkan karena kampas rem sudah mulai tipis sehingga piringan cakram tidak bisa mencengkram secara sempurna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: