Inilah Obat-obatan Alami yang Disebut dalam Al-Quran dan Hadist

Inilah Obat-obatan Alami yang Disebut dalam Al-Quran dan Hadist

Al-Qur'an menyebutkan secara umum tentang buah-buahan yang dimakan oleh orang-orang di surga--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagai pedoman hidup bagi umat manusia, Al-Quran berisi ajaran yang lengkap dan menyeluruh yang diberikan oleh Allah SWT. Keistimewaan Al-Quran tidak hanya tentang ilmu hukum, sains, akidah dan tauhid saja, tapi juga menjelaskan semua yang dibutuhkan oleh manusia termasuk obat-obatan alamiah.

BACA JUGA:Bahaya Bagi Otak! Ini Dia Tanda-Tanda Kecanduan Judi Online

Sejak dulu, Nabi Muhammad SAW sering memberikan nasihat yang berkaitan dengan kebersihan dan menghindari penyakit.  Dalam hadits, Nabi Muhammad merekomendasikan penggunaan madu untuk penyembuhan beragam penyakit. Tidak hanya itu, obat-obatan lain yang juga digunakan oleh Nabi Muhammad termasuk jintan hitam yang memiliki banyak manfaat, seperti menguatkan sistem kekebalan tubuh, menetralisir racun hingga anti stres.

Keistimewaan jintan hitam ini juga tertulis di dalam salah satu riwayat hadist, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda, "Sesungguhnya di dalam Habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian." (HR Bukhori dan Muslim).  Berikut adalah 6 obat-obatan alami dalam Al Quran dan Hadist:

BACA JUGA:Wow! 8 Negara Ini Melarang McDonald's Beroperasi Di Wilayahnya

1. Kurma
Kurma merupakan tumbuhan yang paling banyak disebutkan di dalam al-Qur'an. Dalam kitab Mu'jam Al-Mufahras li Al-Fazhil Qur'an, 'Abd al-Baqi menjelaskan bahwa dalam al-Qur'an kurma dimuat sebanyak 20 kali dalam 16 surat. Salah satu ayat dalam kitab suci yang menyebut kurma adalah Surat Maryam ayat 23-25. Dua ayat tersebut berkisah tentang derita dan rasa sakit yang mendera Maryam ketika hendak melahirkan. Ia bersandar ke pangkal pohon kurma. Kemudian Allah melalui malaikat Jibril memerintahkan Maryam untuk menggoyang pangkal kurma itu ke arahnya, kemudian gugurlah buah kurma yang masak, untuk dimakan dan sebagai obat rasa sakit ketika melahirkan.

Kurma mengandung serat dan antioksidan yang tinggi. Manfaat nutrisinya dapat mendukung kesehatan otak dan mencegah penyakit. Salah satu antioksidan yang terdapat dalam kurma adalah phenolic acid. Zat inidapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.Studi laboratorium menemukan kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 (IL-6), di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.


BACA JUGA:Ini Dia 10 Kota Terpanas di Indonesia, Majalengka Paling Mendidih

2. Zaitun
Zaitun disebutkan tujuh kali dalam Al-Qur'an. Hal ini menunjukkan betapa penting buah tersebut dalam sejarah perkembangan Islam.Buah zaitun tidak hanya memiliki nilai gizi, obat dan kosmetik; tapi juga memenuhi fungsi agama sebagai tanda kebesaran Allah SWT.Dalam Surat Al Mu'minun ayat 20, Al-Quran memberitahu tentang buah-buahan yang harus dimakan, dan berbicara tentang pohon zaitun yang tumbuh di Gunung Sinai yang menyediakan minyak dan bumbu untuk dimakan.

Banyak orang memilih minyak dari buah zaitun sebagai pilihan minyak yang lebih sehat dibanding minyak kelapa sawit. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi sekitar 75%. Saat menggantikan lemak jenuh, lemak tak jenuh tunggal dari zaitun membantu menurunkan kolesterol jahat. Manfaat kesehatan dari minyak zaitun dikaitkan dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasinya.

BACA JUGA:11 Tanaman yang Bisa Menangkal Sihir dan Santet, Bahkan Ada yang Bisa Mendatangkan Rezeki

3. Jahe
Sejak ribuan tahun lalu, jahe sudah digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Bahkan, jahe disebut sebagai rempah paling menyehatkan di bumi Tumbuhan herbal ini juga ternyata disebut dalam Al Quran. "Dan di sana mereka diberi segelas minuman bercampur jahe." - QS Al Insan ayat 17. Ayat tersebut bercerita mengenai gambaran surga. Allah menyebut bahwa penghuni surga akan diberi minuman dengan campuran jahe.Selama bertahun-tahun, sejumlah penelitian modern menemukan manfaat luar biasa dari jahe, mulai dari membunuh bakteri, meredakan mual, mengobati batuk, menurunkan kadar gula darah, menurunkan kolesterol, hingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Habbatus sauda
Habbatus sauda atau biji jintan hitam berasal dari tanaman subtropis asal Timur Tengah yang telah digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun lalu. Keistimewaan jintan hitam ini juga tertulis dalam salah satu hadits. Nabi SAW bersabda, "Sesungguhnya di dalam Habatussauda (jintan hitam) terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian." (Bukhori dan Muslim). Manfaat jinten hitam terutama karena senyawa aktif utamanya yang disebut thymoquinone, yang telah menunjukkan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan sifat terapeutik lainnya yang melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit kronis.

BACA JUGA:Auto Jadi Sultan! Ini Dia 5 Cara Mudah Supaya Punya Banyak Uang

5. Buah Tin
Al-Qur'an punya satu bab bernama Surah At-Tin yang berarti buah tin. Bahkan, Allah bersumpah atas nama buah tin dan juga buah zaitun. Referensi buah tin dalam ayat Al Quran berbicara tentang manfaat obat dari buah tersebut. Dalam tradisi Islam, apapun yang namanya digunakan untuk bersumpah oleh Allah memiliki keagungan atau kepentingan yang melekat padanya.
Buah tin atau buah ara memiliki kandungan pektin, serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Serat larut menghilangkan kadar trigliserida berlebih dan membantu menghilangkan trigliserida. Selain itu, buah ara kering mengandung asam lemak Omega 3 dan Omega 6, fitosterol yang bersifat kardioprotektif dan membantu meningkatkan kesehatan otak.

BACA JUGA:Ini Dia Doa yang Dibacakan Saat Menyiram Air di Kuburan

6. Madu
Madu sejak ribuan tahun lalu telah digunakan untuk mengobati beragam penyakit.Bahkan, keistimewaan madu untuk kesehatan juga dijelaskan dalam Al Quran Surat An Nahl (Lebah) ayat 69. "Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: