Inilah Ciri-Ciri Orang Mau Meninggal Menurut Medis!

Inilah Ciri-Ciri Orang Mau Meninggal Menurut Medis!

bagi seseorang yang mengalami sakit parah, kemauan untuk bertemu dengan orang lain mungkin tidak akan sebesar dahulu.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidak ada seorang pun di dunia ini yang dapat mengetahui ajal yang akan datang menjemput dirinya. Kematian merupakan misteri alam terbesar yang bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja tanpa dapat diprediksi. Namun, terdapat ciri-ciri khusus dalam kasus tertentu yang diperlihatkan ketika seseorang akan meninggal, terutama menjelang 40 hari sebelum ajalnya.

BACA JUGA:Pantas Sering Jadi Sesajen, Ini 5 Makanan Pemanggil Jin dan Setan

Lantas, apa yang menyebabkan kita harus mengenali tanda-tanda seseorang yang akan meningggal? Bagi keluarga dan kerabat terdekat yang akan ditinggalkan, “pengetahuan” mengenai hal tersebut akan menjadi bekal untuk memperkuat mental dan mengikhlaskan kepergian orang yang dikasihani.

Sementara itu, bagi seseorang yang akan meninggalkan keluarganya, dirinya bisa lebih damai dengan kepulangannya. Simak selengkapnya terkait Ciri Ciri Orang Mau Meninggal! Secara umum, tanda-tanda dan gejala yang muncul 40 hari sebelum kematian cenderung lebih jelas diperlihatkan oleh seseorang yang kondisinya sudah kritis maupun mengalami sakit keras sejak lama.

BACA JUGA:Inilah Jenis Jin yang Sering Menghasut Manusia, Biang Kerok Malas Beribadah

Meski demikian, beberapa orang yang pernah berada dalam situasi kritis kemungkinan juga dapat sehat kembali dan beraktivitas normal seperti sediakala sebelum akhirnya berpulang ke sisi Tuhan. Hal ini tersebut bukanlah suatu fenomena ajaib, melainkan suatu keadaan medis yang disebut dengan terminal lucidity. Berikut ini tanda-tanda dan gejala yang kemungkinan muncul 40 hari sebelum kematian seseorang.

1. Lebih Banyak Tidur
Dalam banyak kasus, seseorang yang telah berusia sangat tua maupun mengalami sakit kritis akan terlihat sering tidur menjelang kematiannya. Durasi maupun frekuensi tidur yang semakin bertambah menjelang 40 hari sebelum kematian diakibatkan oleh metabolisme tubuh yang semakin melemah seiring dengan fungsi tubuh yang juga ikut menurun.Jika orang terkasih kalian memperlihatkan ciri-ciri itu, jangan interupsi waktu tidurnya. Ini merupakan reaksi alami tubuh untuk membuat dirinya lebih banyak beristirahat.

BACA JUGA:Makna dan Hikmah Doa Sebelum Berhubungan Suami Istri, Buya Yahya: Jangan Remehkan

Bantulah mereka agar tidurnya lebih nyenyak dengan memastikan jika lingkungan sekitarnya tidak berisik maupun kamar tidurnya terasa nyaman. Jika mereka sudah merasa lebih bertenaga, barulah kalian dapat membantunya sedikit bergerak di tempat tidur.

2. Nafsu Makan Menurun
Ciri-ciri umum berikutnya yang diperlihatkan oleh seseorang yang akan meninggal adalah jarang makan. Dalam kasus tertentu, mereka bisa saja benar-benar berhenti makan dan minum sebelum meninggal dunia. Ketika seseorang telah mendekati ajalnya, tubuhnya tidak lagi memerlukan energi layaknya orang yang normal. Artinya, nafsu untuk makan dan minum juga perlahan-lahan akan ikut menurun.

Namun demikian, penting bagi kalian untuk memastikan jika orang itu tetap makan dan minum. Sebisa mungkin kalian terus menawarkan makanan dan minuman yang disukainya. Selain itu, kalian juga bisa membalurkan madu atau lipbalm untuk memastikan agar bibirnya tidak terlalu kering.

BACA JUGA:Beli Pulsa Listrik Prabayar Pakai OVO Points, Begini Caranya

3. Tidak Mau Bertemu atau Bersosialisasi dengan Orang Lain
Seseorang yang masih sehat, baik itu introver maupun extrover sekalipun pastinya ingin bersosialisasi dan bertemu dengan orang lain. Namun, bagi seseorang yang mengalami sakit parah, kemauan untuk bertemu dengan orang lain mungkin tidak akan sebesar dahulu.

Kemauan untuk menyendiri ini dirasakan wajar. Tidak ada seorang pun yang mau terlihat lemah dan tidak berdaya di depan orang lain, terutama di hadapan orang-orang yang dicintainya. Jika mereka mempunyai permintaan khusus untuk tidak menemui atau menghubungi orang tertentu, hormatilah permintaannya. Begitu juga sebaliknya, jika mereka ingin menemui seseorang secara khusus, turutilah permintaannya.

BACA JUGA:Ini Dia Perbedaan Jin, Setan, dan Iblis Menurut Alquran

4. Perubahan Fisik
Perubahan fisik kemungkinan menjadi ciri-ciri yang paling jelas terlihat pada seseorang yang akan meninggal dunia. Beberapa ciri-ciri fisik dari seseorang yang akan meninggal dunia antara lain:

  • Hipotensi (tekanan darah menurun).
  • Kulit akan berubah warnanya dan terlihat berbintik kebiruan, khususnya di bagian atas tubuhnya. Hal tersebut terjadi karena aliran darahnya menurun.
  • Detak jantungnya tidak normal, yang menandakan takikardia.
  • Mengalami inkontinensia atau sering mengompol karena fungsi sistem kemihnya tidak lagi berjalan dengan maksimal.
  • Urine berwarna kecokelatan karena fungsi ginjalnya melemah.
  • Luka dekubitus, yaitu titik nyeri yang sering kali muncul di tonjolan tulang akibat tekanan besar berkelanjutan di salah satu area tubuh tertentu.
  • Irama pernapasannya melemah.
  • Kuku, kulit, dan bibir jadi terlihat lebih pucat dan membiru karena aliran darahnya berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: