Anak Menderita Sakit Gigi? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Anak Menderita Sakit Gigi? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi anak menderita sakit gigi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Cara mengatasi sakit gigi pada anak menggunakan air garam bisa diterapkan apabila anak sudah berusia di atas 5 tahun atau bisa berkumur dengan baik. Berkumur air garam diyakini dapat membantu meredakan nyeri gigi, meredakan peradangan, dan membunuh bakteri.

BACA JUGA:Ternyata Menggunakan Siwak Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

Apabila anak belum bisa berkumur dengan air garam, cobalah menggunakan air hangat. Pasalnya, air hangat dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan gigi terasa nyeri.

3. Menggunakan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh diketahui memiliki sifat antiinflamasi (antiradang) dan antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab sakit gigi. Manfaat ini diperoleh dari kandungan eugenol yang merupakan analgesik (pereda nyeri) alami.

Cara menangani sakit gigi pada anak menggunakan minyak cengkeh bisa dilakukan dengan merendam bola kapas kecil ke dalam minyak, lalu oleskan ke area yang nyeri. Diamkan selama 30 menit hingga nyeri mereda.

4. Memijat Dengan Gel Lidah Buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi sakit gigi pada anak karena dapat membantu membunuh bakteri mulut penyebab kerusakan gigi. Kemampuan tersebut diperoleh dari sifat antibakteri alami yang dimiliki lidah buaya.

BACA JUGA:Kebiasaan Gigit Kuku? Ada Makhluk Menjijikan Jika Dilihat dari Mikroskop

Cara menggunakan lidah buaya sebagai pertolongan pertama sakit gigi pada anak adalah dengan mengoleskannya pada area yang nyeri, kemudian berikan pijatan dengan lembut hingga rasa nyeri mereda.

5. Menggunakan Kantong Teh Peppermint

Menggunakan kantong teh peppermint bisa menjadi salah satu cara mengatasi sakit gigi pada anak dan meredakan pembengkakan gusi. Sebelum menggunakannya, masukkan kantong teh ke dalam pendingin selama beberapa menit. Saat sudah dingin, tempelkan kantong teh ke area gigi anak yang terasa nyeri.

Kunjungi Dokter Bila Sakit Gigi Tak Kunjung Mereda

Perlu diingat bahwa beberapa cara mengatasi sakit gigi pada anak di atas umumnya bersifat sementara dan bisa digunakan sebagai langkah pertolongan pertama pada sakit gigi ringan. Apabila sakit gigi tak kunjung mereda, jangan ragu memeriksakan anak ke dokter gigi. Dengan begitu, dokter bisa memberikan penanganan yang sesuai.

Adapun beberapa kebiasaan baik yang menjauhkan anak dari masalah gigi adalah sebagai berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: