Jaga Mata Tetap Sehat, Hindari 7 Kebiasaan Ini

Jaga Mata Tetap Sehat, Hindari 7 Kebiasaan Ini

Ilustrasi mata kurang sehat-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Sebaiknya, segera konsultasikan hal tersebut kepada dokter agar gejala iritasi tidak berkelanjutan. 

5. Menggunakan Make Up Saat Tidur

Sering kali aktivitas yang melelahkan seharian membuat wanita lupa atau malas untuk membersihkan wajahnya dari make up sebelum tidur. Hal ini menyebabkan serpihan make up di area mata berisiko jatuh ke dalam mata dan mengakibatkan iritasi pada kelenjar kelopak mata. Karena itu, hindari kebiasaan ini dengan membersihkan make up menggunakan make up remover dan mencuci muka.

6. Membaca dengan Penerangan Minim

Kebiasaan lain yang dapat merusak mata yaitu membaca di tempat gelap. Hal ini menyebabkan lensa mata bekerja lebih keras untuk menebal dan menipis. Pupil mata juga dipaksa untuk berdilatasi sehingga mata akan cepat lelah.

Tak hanya itu, kegiatan yang dapat merusak mata yaitu ketika membaca sambil tiduran. Posisi ini menyebabkan jarak baca ideal mata ke buku menjadi sulit diatur, akibatnya mata mudah lelah dan pegal.

BACA JUGA:Ini Dia 7 Jenis Doping dan Efek Sampingnya bagi Tubuh

7. Tidak Melakukan Pemeriksaan Mata Rutin

Pemeriksaan mata secara rutin penting dilakukan setiap tahun untuk mendeteksi gangguan mata sejak dini. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari penyakit mata, seperti glaukoma, degenerasi makula, atau retinopati diabetik. Pemeriksaan mata rutin disarankan untuk semua kalangan, terutama orang-orang yang berusia di atas 40 tahun.

Apabila kebiasaan-kebiasaan di atas terus berlanjut dalam waktu lama, maka kemampuan penglihatan pun akan menurun. Hindari hal tersebut sebelum kesehatan dan kemampuan mata menurun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: