Jaga Kesehatan Ginjal, Bisa Lakukan Diet Sehat Berikut

Jaga Kesehatan Ginjal, Bisa Lakukan Diet Sehat Berikut

Makanan sehat mencegah penyakit ginjal-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Karena fungsi dan peran vitalnya bagi tubuh, maka kesehatan ginjal sangat perlu dijaga.

Sebab, setiap harinya, ginjal bekerja untuk membuang zat sisa hasil metabolisme serta memfiltrasi cairan dalam darah. Jika kondisi ginjal terganggu, komplikasi serius yang berujung pada kesehatan organ lainnya dapat terjadi.

Maka dari itu, penting untuk melakukan langkah pencegahan sebelum muncul masalah kesehatan pada ginjal. 

Salah satunya yang dapat dipraktikkan adalah menerapkan panduan diet tepat seimbang untuk kesehatan ginjal. Pilihan asupan makan yang tepat serta pola makan sesuai akan menunjang kesehatan ginjal lebih optimal.

BACA JUGA:Rawat Ginjal Anda Sebelum Terlambat, Ini 4 Jenis Pemeriksaan Ginjal Perlu Diketahui

Panduan Diet Sehat untuk Kesehatan Ginjal

1. Batasi Garam atau Natrium

Asupan garam yang tinggi dapat memicu penyakit hipertensi, yang merupakan penyebab utama penyakit ginjal kronis. Pastikan konsumsi garam Anda maksimal 2.300 miligram atau satu sendok teh dalam sehari.

2. Kurangi Makanan Berprotein Tinggi

Protein adalah nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan regenerasi sel tubuh. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, terutama bagi lansia atau penderita penyakit ginjal, protein dapat memperberat kerja ginjal.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi atau tidak mengonsumsi secara berlebihan makanan berprotein tinggi seperti daging merah, telur, susu, dan sejenisnya. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menyesuaikan konsumsi protein sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan yang dimiliki.

BACA JUGA:Tanpa Operasi, Begini Cara Alami dan Herbal Atasi Batu Ginjal

3. Tidak Mengonsumsi Makanan Manis, Olahan, dan Berlemak

Makanan manis dan berlemak digemari banyak orang karena rasanya yang enak dan gurih. Anda perlu waspada karena jenis makanan tersebut mengancam kesehatan karena dapat memicu obesitas dan diabetes yang berujung menganggu kerja ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: