Jepang Izinkan Pengungsi dari Zona Konflik Miliki Visa Tinggal dan Bekerja, Mulai 1 Desember 2023

Jepang Izinkan Pengungsi dari Zona Konflik Miliki Visa Tinggal dan Bekerja, Mulai 1 Desember 2023

Ijin tinggal bagi mereka di Jepang diberikan berdasarkan kebijakan Menteri Kehakiman. Aturan terbaru Jepang yang akan mulai berlaku pada 1 Desember 2023--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Imigrasi Jepang mengatakan pada Selasa 26 September 2023 bahwa warga asing yang mengungsi dari zona konflik seperti Ukraina, memenuhi syarat untuk mendapatkan status tinggal jangka panjang dengan visa kerja di bawah perubahan hukum Imigrasi. Aturan ini seperti dilansir Kyodo akan mulai berlaku pada 1 Desember 2023.

BACA JUGA:Ini Dia Potensi Masalah pada Pilpres dan Pemilu 2024 Mendatang Menurut KPI

Sistem baru tersebut dibuat untuk memungkinkan persetujuan tinggal bagi individu dari zona konflik yang keadaannya tidak sesuai dengan persyaratan persetujuan pengungsi. Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pengungsi tahun 1951 mendefinisikan pengungsi sebagai “seseorang yang tidak mampu atau tidak mau kembali ke negara asal mereka karena ketakutan yang beralasan akan penganiayaan karena alasan ras, agama, kebangsaan, keanggotaan kelompok sosial tertentu, atau opini politik.”

BACA JUGA:Karir Melejit dan Sukses Besar! 6 Zodiak Diprediksi Bakal Beruntung di Bulan Oktober

Jepang ikut menandatangani konvensi tersebut, yang mewajibkan negara-negara anggota untuk memberikan perlindungan kepada para pengungsi. Namun, pengungsi Ukraina dan dan pengungsi serupa tidak memenuhi kriteria. Sebanyak 2.091 pengungsi Ukraina berada di Jepang sejak 20 September, dimana 1.931 bermukim di Jepang dengan visa “kegiatan yang ditentukan” selama satu tahun, menurut Kantor Layanan Imigrasi Jepang.

BACA JUGA:Weton Ini Akan Bahagia dan Sejahtera Jika Berjodoh dengan Weton Rabu Pahing

Ijin tinggal bagi mereka di Jepang diberikan berdasarkan kebijakan Menteri Kehakiman. Aturan terbaru Jepang yang akan mulai berlaku pada 1 Desember 2023, bakal mengizinkan pengungsi dari zona konflik untuk memiliki visa tinggal dan bekerja.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: