Ops Zebra Nala 2023, Dirlantas: Angka Kecelakaan Menurun, Angka Kematian Meningkat

Ops Zebra Nala 2023, Dirlantas: Angka Kecelakaan Menurun, Angka Kematian Meningkat

Anggota Polantas saat melakukan penindakan terhadap Pengendara motor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Operasi Zebra yang digelar sejak 4-17 September 2023 resmi berakhir. Selama dua pekan berlangsung, Direktorat Lalu Lintas beserta jajarannya telah melakukan penindakan maupun penyuluhan terhadap para pengendara baik roda dua maupun roda empat selama operasi berlangsung.

Direktur Ditlantas Polda Bengkulu Kombes Pol Joko Suprayitno, mengatakan, Operasi Zebra Nala yang digelar ini berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Ia menjelaskan, kecelakaan lalu lintas pada Operasi Zebra Nala tahun 2023 dibandingkan Tahun 2022 melalui jumlah kejadian mengalami penurunan sebanyak 8%.

Namun mengalami kenaikan sebanyak 30% untuk korban meninggal dunia, luka berat 4,3% dan kerugian material 512%. Sedangkan luka ringan mengalami penurunan sebanyak 8% .

BACA JUGA:Dikejar Warga, Pelaku Curanmor di Bengkulu Kritis Setelah Tabrak Toko Boneka

"Operasi Zebra ini berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas. Masyarakat harus melihat apa tujuan dari Operasi Zebra yang kita lakukan yaitu untuk keselamatan manusia itu sendiri," kata Kombes Pol Joko Suprayitno, Selasa (19/9/203).

Masih kata Direktur Ditlantas Polda Bengkulu, selain untuk keselamatan manusia, Ops Zebra Nala juga dilakukan untuk menjaga harta benda yang dimiliki masyarakat, dalam artian tidak dirugikan akibat laka lantas. Terakhir, adalah menciptakan Kamseltibcar sewilayah Provinsi Bengkulu.

Lanjutnya, penindakan yang di lakukan ini juga untuk menimbulkan efek jera, sehingga masyarakat juga tidak  terganggu akan aksi ugal-ugalan, balap liar yang dilakukan oleh para pengendara baik roda dua maupun roda empat.

BACA JUGA:Tempo 3 Jam, Pencuri Barang Elektronik dan Motor Berhasil Ditangkap

"Makanya kita perintahkan untuk seluruh polres melaksanakan razia balap liar dan yang tertangkap lakukan tilang maksimal dengan denda sampai Rp 3 Jumat," tutup Kombes Pol Joko Suprayitno.

Diketahui selain angka kecelakaan yang menurun, Ditlantas Polda Bengkulu juga mencatat adanya kenaikan di kegiatan Gakkum Lantas pada operasi zebra Nala tahun 2023 ini.

Seperti giat Gakkum Lantas melalui ETLE Statis yang mengalami kenaikan sebanyak 5463%, ETLE mobile mengalami kenaikan 2003%, tilang manual mengalami kenaikan 100% dan teguran 30%.  (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: