Ini Dia Manfaat Konsumsi Bulgur bagi Kesehatanmu

Ini Dia Manfaat Konsumsi Bulgur bagi Kesehatanmu

Kandungan serat yang tinggi pada bulgur terbukti ampuh mencegah sembelit atau konstipasi. Pasalnya, serat pada makanan bisa membantu melunakkan feses agar lebih mudah dikeluarkan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bulgur adalah gandum utuh yang direbus setengah matang, dikeringkan, kemudian dipecah menjadi potongan-potongan kecil. Sereal yang satu ini memiliki dua varietas umum yakni Bulgur berwarna kuning dengan tekstur kasar dan Bulgur berwarna gelap dengan tekstur yang lembut.

Di kawasan Timur Tengah dan Mediterania, bulgur termasuk jenis makanan favorit yang biasa diolah menjadi bubur, burger vegetarian, sup, dan semur. Selain itu, bulgur juga bisa disajikan sebagai hidangan pembuka klasik bernama tabbouleh dengan campuran tomat, peterseli, daun mint, minyak zaitun, dan jus lemon.

BACA JUGA:Rahasia Agar Doa Cepat Dikabulkan, Ustadz Adi Hidayat: Lakukan ini

Bulgur tak hanya dikonsumsi untuk mengenyangkan perut saja, karena memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan. Sebab, bulgur memiliki berbagai kandungan zat gizi yang baik bagi tubuh, seperti serat, protein, vitamin B3, asam folat, vitamin K, fosfor, kalium, magnesium, dan antioksidan lutein. Lantas, seperti apa penjelasan tentang manfaat bulgur bagi kesehatan? Berikut lima di antaranya.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Bulgur termasuk salah satu jenis makanan dengan kadar indeks glikemik rendah, yakni 47. Angka ini tentu jauh lebih rendah dibandingkan nasi putih dengan IG 73 dan kentang dengan IG 78. Hal ini menunjukkan bahwa bulgur dapat menjadi makanan pokok bagi penderita diabetes tipe 2 karena bisa mengontrol kadar gula darah agar tidak melonjak drastis.

BACA JUGA:Rezeki Lancar dan Datang Berbondong-bondong, Gus Baha: Amalkan Amalan ini

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada bulgur terbukti ampuh mencegah sembelit atau konstipasi. Pasalnya, serat pada makanan bisa membantu melunakkan feses agar lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, serat juga bisa menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus. Alhasil, sistem pencernaan bisa terbebas dari penyakit infeksi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Mengonsumsi bulgur secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang, berkat kandungan mineral kalsium, kalium, dan fosfor di dalamnya. Kalsium dan fosfor diketahui menjadi zat gizi penting yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara tulang yang kuat dan sehat. Sedangkan peran kalium dalam menjaga kesehatan tulang terletak pada kemampuannya dalam meminimalisir pembuangan kalsium melalui urine.

BACA JUGA:Biaya dan Batas Minimal Top Up Saldo E-Money Mandiri Lewat Aplikasi DANA

4. Baik untuk Diet

Bagi Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, cobalah mengonsumsi bulgur sebagai makanan pokok saat pagi atau malam hari. Sebab, jumlah kalori yang dimiliki bulgur jauh lebih rendah dibanding nasi putih. Per 1 mangkuk bulgur yang setara dengan 182 gram hanya mengandung 151 kal. Sedangkan 1 piring nasi yang setara dengan 100 gram mengandung 180 kal. Kandungan serat dan indeks glikemik pada bulgur juga bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa terkontrol dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: