10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang DiJamin Masuk Surga

10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang DiJamin Masuk Surga

Terkait kepastian sejumlah sahabat yang dijamin masuk surga, para ulama berpendapat bahwa hal ini bukan berarti yang lain tak mendapat kesempatan surga, tetapi hanya persoalan rahasia Allah saja.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - As-Sakhawi menyebutkan bahwa jumlah sahabat Nabi Muhammad SAW tidak kurang dari 100.000 orang. Di antara sekian banyak sahabat Nabi tersebut, ada 10 orang yang secara terang-terangan dipastikan masuk surga. Siapa saja?

Sebelumnya, diketahui bahwa sahabat adalah orang-orang yang berkumpul dengan Rasulullah SAW dan mengimaninya. Gigih berjuang dan membantu perjuangan dakwahnya. Berkat jasa-jasa mereka, Islam tersebar ke seantero dunia hingga ke tangan kita.

BACA JUGA:Jual BBM Subsidi Ilegal, Warga Seluma dan Operator SPBU Ditangkap Polda Bengkulu

Terkait kepastian sejumlah sahabat yang dijamin masuk surga, para ulama berpendapat bahwa hal ini bukan berarti yang lain tak mendapat kesempatan surga, tetapi hanya persoalan rahasia Allah saja. Kesepuluh nama tersebut sembilan di antaranya disebutkan Rasulullah SAW melalui sahabat Sa’id bin Zaid dalam hadits berikut:  

عَنْ سَعِيدِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَمْرِو بْنِ نُفَيْلٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: عَشَرَةٌ مِنْ قُرَيْشٍ فِي الْجَنَّةٍ أَنَا فِي الْجَنَّةِ، وَأَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ، وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ، وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ، وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ، وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ، وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ، وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ، وَسَعْدُ بْنُ أَبِي وَقَّاصٍ فِي الْجَنَّةِ ثُمَّ سَكَتَ سَعِيدٌ فَقَالُوا مَنِ الْعَاشِرُ؟ فَقَالَ سَعِيدٌ أَنَا

Artinya: Diriwayatkan dari Sa’id bin Zain bin Amr bin Nufail, Rasulullah SAW bersabda, “Ada sepuluh orang dari kaum Quraisy yang akan berada di surga. Aku di surga, Abu Bakar di surga, Umar di surga, Utsman di surga, Ali di surga, az-Zubair di surga, Thalhah di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’d bin Abi Waqash di surga,” Sa’id pun berhenti sejenak, hingga para sahabat yang menyimak bertanya, “Siapa yang kesepuluhnya?” Sa’id pun menjawab, “Aku.” (Lihat: Musnad al-Humaidi, [Damaskus: Darus-Saqa], 1996, juz I, hal. 197).

BACA JUGA:Japelidi Komitmen Lakukan Penguatan Literasi Digital Bagi Warganet Indonesia

Dalam riwayat ini, yang disebutkan sembilan sahabat, sebab yang kesepuluhnya adalah Rasulullah SAW sendiri. Sementara masyhur dalam riwayat lain, sahabat yang kesepuluhnya adalah Abu Ubaidah bin Jarrah. Demikian seperti yang disebutkan oleh Ahmad bin Hanbal. (Lihat: Ahmad bin Hanbal, Fadhail ash-Shahabah, juz I, hal. 114).

BACA JUGA:Ingin Dibukakan Rezeki dari Segala Penjuru, Amalkan Doa-doa ini Setiap Hari

Pertanyaannya, mengapa mereka secara terang-terangan dikabarkan masuk surga? Jawabannya, pertama Allah telah memilih langsung dan mengutamakan mereka di antara sahabat-sahabat lain. Kedua, mereka adalah teladan umat dalam mengabdikan diri terhadap Islam. Mereka umat terbaik, generasi awal masuk Islam, para pegiat dakwah, para pejuang perang, sekaligus para pemimpin yang menggantikan Rasulullah SAW sepeninggalnya. 

BACA JUGA:Dilaporkan Soal Kelalaian Hingga Sebabkan Pasien Meninggal, RSUD Argamakmur Beri Klarifikasi

Dengan demikian, 10 nama sahabat yang dijanjikan surga sebagaimana yang disebutkan Rasulullah SAW adalah: (1) Abu Bakar ash-Shiddiq (2) Umar bin Khathab, (3) Usman bin Affan, (4) Ali bin Abi Thalib, (5) Zubair bin Awwam, Thalhah bin Ubaidillah, (6) Abdurrahman bin Auf, (7) Sa’d bin Abi Waqash, (9) Sa’id bin Zaid bin Amr bin Nufail, (10) Abu Ubaidah bin Jarrah. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: