Mau Cuan Terus? Begini Cara Usaha Ternak Ulat Jerman yang Menguntungkan

Mau Cuan Terus? Begini Cara Usaha Ternak Ulat Jerman yang Menguntungkan

Banyak sekali orang yang memilih memberikan ulat jerman sebagai pakan peliharaan mereka. Sebab, ulat jerman mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hewan yang memakannya.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Usaha ternak ulat jerman bisa mendatangkan banyak keuntungan. Usaha ternak atau budidaya ulat jerman ini caranya juga tidak terlalu sulit. Sehingga Anda bisa mencoba usaha ternak satu ini untuk menghasilkan banyak keuntungan dengan mudah.

Ulat jerman sendiri merupakan larva kumbang hitam yang berguna sebagai pakan peliharaan. Baik itu untuk pakan reptil, burung kicau, unggas, ikan arwana, dan pemakan serangga lain. Ulat jerman juga disebut sebagai superworm karena memiliki manfaat yang beragam.

BACA JUGA:Inilah Watak Wanita Menurut Weton Pasaran Legi! Bisa Jadi Dia Jodoh Kamu

Misalnya yaitu mereka memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak dan baik untuk ternak. Ulat jerman mengandung protein 19,06%, kalsium 173 ppm, lemak 14,19%, air 57%, dan serat kasar 2,60%. Kandungan khitin pada ulat jerman juga lebih sedikit daripada ulat hongkong.

Usaha Ternak Ulat Jerman, Berikut Langkah-langkahnya

Banyak sekali orang yang memilih memberikan ulat jerman sebagai pakan peliharaan mereka. Sebab, ulat jerman mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hewan yang memakannya. Sehingga peliharaan bisa terhindar dari berbagai penyakit karena jamur maupun virus.

BACA JUGA:Cara Dapatkan Backlink Berkualitas dari Media Nasional, Ikuti Trik Berikut Ini

Selain itu, ulat jerman juga lebih mudah dicerna sehingga aman digunakan untuk pakan utama. Hal tersebutlah yang membuat ulat jerman memiliki banyak peminat dan permintaannya selalu ada. Karena itu pula bisnis ternak ulat jerman termasuk jenis bisnis yang cukup menjanjikan.

Sebab, permintaan akan ulat jerman selalu ada bahkan bertambah setiap harinya. Sehingga pastinya peran peternak ulat jerman sangat penting dan selalu dibutuhkan keberadaannya. Jika ingin mencoba usaha yang mudah dan menguntungkan maka usaha ini bisa Anda coba.

BACA JUGA:Bakalan Dirombak Besar-Besaran, Seperti Apa Tampilan WhatsApp Terbaru?

Usaha ternak ulat jerman sebenarnya juga tidak terlalu sulit untuk pemula sekalipun. Sehingga Anda tidak perlu merasa ragu atau takut untuk memulainya. Nah, berikut adalah langkah atau cara ternak ulat jerman yang bisa Anda pahami dan terapkan:

Siapkan Kotak Ulat dan Kumbang

Pertama Anda harus menyiapkan beberapa kotak ulat dan kumbang yang terbuat dari papan dan triplek. Kotak ulat bisa berukuran 240 meter persegi untuk menampung hingga 250 ulat jerman. Sedangkan kotak kumbang berukuran 38 x 58 sebagai tempat hingga 500 kumbang untuk bertelur.

Anda juga harus menyiapkan tempat yang aman untuk meletakkan kotak kumbang dan ulat. Pastikan mereka aman dari predator seperti cicak dan makhluk pengganggu lainnya. Ruangannya juga harus memiliki sirkulasi udara yang bagus dan suhu dalam kotak 27 hingga 29 derajat Celcius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: