Bikin Mider dan Nggak Pede! Ini Penyebab Bopeng Bekas Jerawat

Bikin Mider dan Nggak Pede! Ini Penyebab Bopeng Bekas Jerawat

banyak orang yang memencet jerawat yang belum waktunya sembuh karena gemas, namun disarankan untuk yang melakukan kebiasaan ini bisa untuk dihentikan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernah mendengar istilah bopeng? Masalah yang terjadi pada kulit terutama pada wajah ini, kerap didapati oleh sebagian besar orang yang tak tahu cara merawat bekas jerawat biasanya.Tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para pemilik kulit yang sedang berjerawat sekarang, selain bekas yang biasanya menghitam. Karena mungkin jika kehitaman hanya mengubah beberapa titik warna kulit dan masih bisa ditutupi bahkan dipudarkan, namun bopeng justru merubah tekstur kulit.

BACA JUGA:Ini Dia Mukjizat Jimat Angka 8 Bawa Keberuntungan

Banyak hal bisa menjadi pemicu bopeng atau acne scar pada wajah, berikut ini akan dibahas dan harus kamu ketahui tentang penyebab dan cara menghindari kulit bopeng.

Penyebab Bopeng

Melansir dari keterangan American Academy of Dermatology Association, kerusakan pada kulit beserta jaringan dalamnya merupakan akibat dari jerawat yang telah menembus lapisan kulit dalam. Self healing yang dilakukan oleh tubuh untuk mengatasinya dengan cara memproduksi kolagen.

BACA JUGA:Ini Dia Keistimewaan Kelahiran Weton Jumat Pon

Namun karena cara tersebut mengakibatkan timbulnya bekas luka berbentuk cekungan yang disebut sebagai acne scar. Tetapi jika kamu mendapati bekas jerawat yang timbul ke permukaan, itu berarti produksi kolagen terlalu banyak.

Ternyata jika terlanjur memiliki bopeng, harus menjalankan perawatan khusus untuk mengatasinya seperti yang dilansir dari Byrdie, penjelasan dari dr. Marisa Garschick, MD, dan Brendan Camp, MD. Berikut deretan cara untuk mengatasinya:

1. Jangan pencet jerawat

Jerawat yang masih aktif dan muncul warna putih di tengah, memang terasa ngilu jika tak segera sembuh. Maka banyak orang yang memencet jerawat yang belum waktunya sembuh karena gemas, namun disarankan untuk yang melakukan kebiasaan ini bisa untuk dihentikan.

BACA JUGA:Emosian dan Mudah Tersinggung, Ini Karir yang Cocok untuk Weton Senin Wage

Dikarenakan jika kamu memencet jerawat yang belum waktunya sembuh dapat mengakibatkan rusaknya jaringan pada kulit, dan timbul masalah lainnya, bisa saja bekas menghitam bahkan muncul bopeng.

2. Jangan eksfoliasi terlalu sering

Melakukan eksfoliasi terlalu sering juga bisa merusak jaringan kulit atau skin barrier, jika hal itu terjadi maka bisa saja jerawat tak kunjung sembuh karena penipisan kulit dan iritasi. Disarankan untuk melakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu, kemudian jangan lupa menggunakan pelembab setelahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: