Ini Manfatnya Pakai Henna, Perwarna Alami Cat Rambut

Ini Manfatnya Pakai Henna, Perwarna Alami Cat Rambut

Meski produk pewarna rambut kian beragam, tapi manfaat henna sendiri cukup untuk menaikkan popularitas dalam tren perawatan rambut.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Henna adalah pewarna alami yang biasanya banyak dimanfaatkan untuk kuku maupun tatto kulit. Namun, ternyata Henna juga bisa diterapkan untuk pewarnaan rambut jika ingin mendapatkan hasil oranye dan coklat kemerahan. Bahkan ada beberapa cara menggunakan Henna untuk pertumbuhan rambut dan mendapatkan warna rambut yang berkilau.

BACA JUGA:Daftarkan Nomor HP Bisa Cair Saldo DANA Rp150.000 Gratis ke E-Wallet

Dalam praktiknya, penggunaan henna sebagai masker rambut memang memiliki potensi dalam menambah kemewahan dan kilau rambut serta kekuatan helai rambut. Bahkan dengan menggunakan henna untuk pertumbuhan rambut, ada klaim jika bisa mendapatkan rambut panjang dan berombak secara alami. 

Henna merupakan pewarna alami yang diperoleh dari tanaman Lawsonia Inermis. Berdasar lansiran Pinkvilla, disebutkan jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa henna atau sering disebut juga pacar adalah salah satu tanaman pertama yang digunakan untuk membuat pewarna rambut.

BACA JUGA:Rezeki Dimudahkan dan Hidup Tenteram, Baca Zikir Hauqalah 300 Kali Setiap Hari

Bubuk berwarna hijau atau coklat yang mengandung senyawa berpigmen bernama lawone atau asam henotannic dapat memberi warna oranye kemerahan pada rambut saat diaplikasikan. Bahkan penggunaan henna sebagai pewarna rambut telah menjadi praktik tradisional di India dan mulai menyebar ke banyak negara lain seperti Maroko, Pakistan, Bangladesh, Sudan, dan Yaman.

Ada banyak jenis henna untuk rambut tergantung pada komposisi dan sifat yang kemudian berdampak pada warna yang dihasilkan untuk rambut. 

BACA JUGA:Meskipun Jarang Sholat, Orang Seperti ini Mati Mulia, Berikut Penjelasan Buya Yahya

1. Natural Henna

Natural henna adalah bentuk henna paling murni yang dapat digunakan pada rambut untuk menambah panjang dan kekuatannya. Henna jenis ini bisa memberi warna kemerahan pada rambut dengan menambahkan air dan minyak ke dalamnya lalu mengoleskannya langsung pada rambut.

2. Black Henna

Black Henna lebih cocok untuk mewarnai rambut dengan shade yang lebih gelap. Karena komposisi kimianya, jenis ini dapat memicu reaksi alergi saat dibiarkan terlalu lama pada rambut. Jika memiliki kulit kepala yang cenderung sensitif, sebaiknya lakukan uji tempel sebelum mengaplikasikannya ke rambut sepenuhnya.

BACA JUGA:Ternyata Uang Haram Bisa Jadi Halal, Begini Caranya Kata Gus Baha

3. Neutral Henna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: