Waspada? El Nino Diperkirakan Tiba di Bulan Agustus 2023

Waspada? El Nino Diperkirakan Tiba di Bulan Agustus 2023

Ini bukan merupakan kali pertama Indonesia disinyalir akan mendapatkan dampak dari peristiwa El Nino. --

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Fenomena alam El Nino diperkirakan akan tiba di Indonesia pada Agustus 2023 mendatan. Apa itu El Nino dan seberapa berbahaya bagi Indonesia? Karena memang ada dampak bahaya El Nino di Indonesia.

Salah satu potensi yang dikhawatirkan dari fenomena alam El Nino ini adalah kebakaran hutan dan lahan hingga menyebabkan kekeringan di beberapa daerah. Simak penjelasan tentang apa itu El Nino dan dampak bahanya bagi Indonesia berikut ini.

BACA JUGA:Cobain Website Penghasil Uang ini, Dapatkan Rezeki Rp700 Ribu Tiap Hari

Apa itu El Nino?

El Nino merupakan kondisi di mana air laut di Samudera Pasifik lebih panas dari suhu pada umumnya. Ketika pemanasan suhu air di luar batas wajar, maka tekanan atmosfer di atasnya akan menurun.

Kondisi itulah yang kemudian menyebabkan perubahan pola iklim menjadi cukup ekstrem. Permukaan air yang lebih hangat akan meningkatkan curah hujan. Maka, saat negara bagian Amerika Selatan seperti Peru mengalami peningkatan intensitas hujan, Indonesia justru memperoleh dampak sebaliknya.

BACA JUGA:Honda NXR160 Bros 2024, Motor Trail yang Gacor di Dua Alam

Bahaya El Nino di Indonesia

Ini bukan merupakan kali pertama Indonesia disinyalir akan mendapatkan dampak dari peristiwa El Nino. Salah satu peristiwa terparah dari kondisi ini sempat terjadi di tahun 2015.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan bahwa kala itu Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara mengalami defisit air hingga 20 miliar meter kubik. Sementara itu, lebih dari 111 ribu hektar lahan pertanian juga mengalami kekeringan.

BACA JUGA:Teknologi Canggih Nokia X30 5G, Mampu Menjadi Pesaing Smartphone Berkelas Lainnya

Namun saat itu Indonesia tampaknya memang belum mempersiapkan secara matang menghadapi dampak El Nino. Oleh karena itu, dengan kemungkinan El Nino yang mungkin terjadi di bulan Agustus mendatang, pemerintah perlu melakukan beberapa upaya di antaranya mengedukasi masyarakat sekaligus melakukan modifikasi teknologi hujan.

Jika tidak dilakukan persiapan matang, dikhawatirkan Indonesia akan mengalami beberapa risiko. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

BACA JUGA:Infinix Note 8, Masih Menjadi Pilihan Para Penggemar Ponsel Murah, Ini Dia Spesifikasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: