Lakukan Amalan Malam 1 Suro ini, Gus Baha: Dosa Masa Lalu dan Masa Depan Bisa Terhapus

Lakukan Amalan Malam 1 Suro ini, Gus Baha: Dosa Masa Lalu dan Masa Depan Bisa Terhapus

gus baha--

BENGKULUEKSPRESS.COM- KH Ahmad Bahauddin Nursalim, lebih dikenal sebagai Gus Baha pernah menjelaskan tentang amalan malam 1 suro sesuai ajaran Islam.

Dimana menurut Gus Baha dengan mengerjakan amalan tersebut di malam 1 suro atau malam 1 Muharram maka bisa menghapus dosa baik dosa masa lalu maupun dosa yang akan datang.

Gus Baha mengungkapkan setidaknya ada 2 amalan sunnah yang bisa dikerjakan umat Islam saat malam 1 suro atau 1 Muharram.

BACA JUGA:Lakukan Ini Setelah Bangun Tidur, Gus Baha Sebut Bisa Mencegah Segala Macam Penyakit

BACA JUGA:Sedang Cari Jadoh, Gus Baha Ingatkan 7 Perempuan yang Dilarang untuk Dinikahi

Sebelum membahasa amalan yang disampaikan Gus Baha tersebut, perlu diketahui bahwa Suro adalah sebulan lain untuk bulan Muharram oleh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa.

Malam 1 Suro atau malam 1 Muharram dianggap sebagai malam yang spesial, sehingga disarankan untuk melaksanakan berbagai amal kebaikan sebanyak mungkin.

Dijelaskan Gus Baha, amalan sunnah yang bisa dilakukan saat malam 1 suro tersebut yaitu dengan mengerjakan sholat dan zikir atau wirid

"Satu sholat yang akan menghapus dosa yang lalu dan yang akan datang. Ini ada ibadah yang menghapus dosa tetapi bentuk wiridnya itu tasbih," terang Gus Baha.

"Tidak ada istighfarnyam inilah rahasia kenapa saya mengajarkan tasbih," papar Gus Baha.

Hal tersebut, menurut Gus Baha karena malam 1 suro merupakan awal tahun dan akhir tahun Sehingga kita mengingingan Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa kita.

"awwalu wa akhiru, qadimahu wa haditsahu, sirrahu wa alaniyatahu. Kiai-kiai itu mengajarkan" papar Gus Baha.

Gus Baha menjelaskan bahwa amalan tersebut didasarkan pada hadis Nabi yang kemudian dijelaskan dalam kitab I'anatuth Muthalibin.

Dari Ibnu Abbas RA, bahwa Rasulullah SAW berkata kepada Abbas bin Abdul Muthalib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: