Festival Lingkungan Astra 2023: Peduli pada Bumi, Mempersiapkan Masa Depan

Festival Lingkungan Astra 2023: Peduli pada Bumi, Mempersiapkan Masa Depan

Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Catur Endah Prasetiani (di panggung, kiri), serta Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (di panggung, kanan), saat flag-off rangkaian -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Astra menggelar Festival Lingkungan Astra 2023 dengan tema “Jaga Bumi, Jamin Masa Depan” pada hari ini (25/6) sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian lingkungan di Kampung Berseri Astra (KBA) Rempoah, Banyumas, Jawa Tengah. Acara ini dihadiri oleh Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Catur Endah Prasetiani, Bupati Kabupaten Banyumas, Ir. Achmad Husein, serta Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

“Catur Endah Prasetiani, Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, mengungkapkan, ‘Kami memberikan apresiasi khusus kepada Astra yang telah menginisiasi Festival Lingkungan Astra 2023 sebagai bukti kepedulian dalam melaksanakan tugas pembangunan kehutanan sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kami berharap komitmen ini terus dipertahankan dan menghasilkan inovasi untuk mendukung pengelolaan perhutanan sosial.'”

Direktur Pengembangan Usaha Perhutanan Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Catur Endah Prasetiani (di panggung, kiri), serta Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah (di panggung, kanan), saat flag-off rangkaian karnaval Festival Lingkungan Astra 2023 di Kampung Berseri Astra (KBA) Rempoah, Banyumas, Jawa Tengah pada hari ini (25/6).

“Riza Deliansyah, Chief of Corporate Affairs Astra, menyatakan, ‘Astra secara konsisten menyelenggarakan Festival Lingkungan Astra sejak tahun 2018, dengan harapan dapat mengajak seluruh generasi untuk sadar dan peduli terhadap isu-isu lingkungan. Pelestarian lingkungan menjadi salah satu fokus Astra berdasarkan prinsip-prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan Sustainable Development Goals untuk memberikan manfaat bagi bumi dan masa depan Indonesia.'”

Rangkaian kegiatan Festival Lingkungan Astra 2023 dilaksanakan sejak tanggal 24 hingga 25 Juni. Beberapa kegiatan tersebut antara lain Jambore Adiwiyata Astra, diikuti oleh lebih dari 500 siswa Adiwiyata. Selain itu, juga dilakukan Eco Amazing Race yang mengajak generasi muda untuk belajar tentang pelestarian lingkungan, seperti budi daya maggot, hidroponik, dan konservasi energi melalui mikrohidro. Selanjutnya, dilakukan penanaman pohon produktif secara simbolis di lahan seluas 100 hektar di Kabupaten Banyumas, serta peresmian pemasangan panel surya untuk mendukung aktivitas di peternakan komunal KBA Rempoah.

Selama acara yang sama, Astra juga meluncurkan program Kick-Off Komitmen Sinergitas Desa Sejahtera Astra (DSA) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Astra untuk Indonesia Hijau

Sepanjang tahun 2022, Astra telah memberikan kontribusi berkelanjutan dalam lingkungan yang melibatkan berbagai lapisan masyarakat sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan perubahan iklim. Upaya tersebut mencakup mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, serta kampanye dan aksi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan.

Dalam upaya mitigasi dan adaptasi dampak perubahan iklim, Astra telah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca. Melalui program Astra Green Energy, mereka telah berhasil memasang panel surya dengan kapasitas total 10,9 MWp, yang menghasilkan penghematan energi sebesar 1.800 Terajoule. Dalam hal ini, Astra telah berhasil menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 235.000 ton CO2eq, yang setara dengan penghematan biaya operasional senilai Rp127 miliar.

Selain itu, Astra juga telah melakukan penanaman pohon sebanyak 388.631 pohon, termasuk tanaman keras, mangrove, dan buah langka. Untuk mitigasi perubahan iklim, Astra melaksanakan penanaman pohon dan konservasi melalui Program Carbon Offset yang terintegrasi.

Dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam mitigasi perubahan iklim, Astra telah memberikan pembinaan di 170 Kampung Berseri Astra, di mana 78 di antaranya telah mendapatkan predikat Proklim. Selain itu, Astra juga membentuk Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI). Hingga saat ini, telah terbentuk 26 HPAI yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dengan melibatkan 390 penggiat Adiwiyata.

Kontribusi Astra dalam pelestarian lingkungan yang berkelanjutan, baik untuk saat ini maupun masa depan Indonesia, sejalan dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals Indonesia. Astra tetap berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan demi kesejahteraan bersama dan masa depan yang lebih baik.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: