Terlintas Serupa Antara RAM dan ROM, Ternyata Memiliki Peran Berbeda, ini Perbedaannya

Terlintas Serupa Antara RAM dan ROM, Ternyata Memiliki Peran Berbeda, ini Perbedaannya

Perbedaan RAM dengan ROM-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Tak bisa dipungkiri ketika kita membeli sebuah perangkat baik laptop maupun gadget seperti tablet, ponsel, dan sebagainya. Hal yang pertama kita perhatikan adalah spesifikasinya.

Spesifikasi merupakan hal yang paling penting kita perhatikan karena kita akan bisa melihat secanggih apa dan sebagus apa perangkat tersebut. 

Kemudian yang sering diperhatikan orang dalam membeli sebuah perangkat yaitu mengenai kapasitas memori, karena hal itu  akan berpengaruh sekali dalam pemakaian untuk menunjang aktivitas.

Adapun jenis memori dalam spesifikasi laptop dan HP terbagi menjadi dua, yaitu memori utama (RAM) dan media penyimpanan yang disebut ROM. Terkadang bagi sebagian pengguna, RAM dan ROM masih menjadi pertanyaan.

BACA JUGA:Cegah Penipuan Via Whatsapp, Ini Fitur Yang Harus Diaktifkan

BACA JUGA:Waspada Peretasan HP, Kenali Ciri-ciri HP Kena Retas Berikut Ini

Meski terlihat serupa RAM dan ROM mempunyai fungsi dan peran yang berbeda pada ponsel. Apa saja yang perlu diketahui terkait dua jenis memori ini, selengkapnya berikut ini penjelasan dari berbagai sumber:

Random Access Memory (RAM)

Secara harfiah RAM sendiri penyimpanan memori sementara saat laptop atau HP sedang digunakan. RAM berguna sebagai memori utama yang menyimpan data dari program yang dijalankan.

Data yang sudah tidak dijalankan akan dibersihkan dari memori utama dan ruangannya bisa digunakan untuk aplikasi lain.

Apabila memori penuh, maka aplikasi harus memakai ruang di memori secara bergantian sehingga kinerja ponsel akan menurun atau biasa disebut pengguna dengan “Lemot”, terutama saat berganti-ganti aplikasi.

BACA JUGA:Speedtest Ungkap 10 Daerah di Indonesia Ini Memiliki Kecepatan Internet Tertinggi, Bukan Jakarta

BACA JUGA:Ternyata Usia Iphone Lebih Lama Dibanding HP Android, Ini Ulasannya

Maka dari itu semakin besar kapasitas RAM, semakin data program yang bisa ditampung sehingga kinerja ponsel ata laptop saat menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan akan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: