DPRD Mukomuko Lakukan Pengawasan Pembangunan Fisik Pastikan 3 Poin Penting

DPRD Mukomuko Lakukan Pengawasan Pembangunan Fisik Pastikan 3 Poin Penting

Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE rapat bersama Pemkab Mukomuko.-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini, pekerjaan pembangunan fisik Pemerintah Kabupaten Mukomuko telah dimulai. Lembaga legislatif, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mukomuko siap melakukan tugas dan wewenang pengawasan. Hal ini ditegaskan Ketua DPRD Mukomuko, M. Ali Saftaini, SE. 

Dikatakannya, setidaknya ada 3 poin penting yang menjadi item pengawasan dalam pelaksanaan pembangunan fisik yang dijalankan Pemkab Mukomuko

Yang pertama, sebut Ali tentu hasil pekerjaan yang harus sesuai dengan perencanaan dan tuntas 100 persen. 

Kemudian pengawasan penggunaan anggran. Dimana pemanfaatan anggran yang dijalankan sesuai dengan rencana anggran biaya (RAB). 

BACA JUGA:Menjelang APBDP, Pansus DPRD Mukomuko Bedah Raperda LKPD

BACA JUGA:Rapat Pansus DPRD Mukomuko Tetapkan HGU PT DDP Belum Bisa Diperpanjang


Ketua DPRD Mukomuko M. Ali Saftaini, SE berdiskusi bersama Wabup, Wasri dan Kapolres MM, AKBP. Nuswanto, SH, S.IK, MH-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Selanjutnya, berkaitan dengan 2 poin tersebut, maka pengawasan selanjutnya yaitu asas manfaat dari pembangunan. Asas manfaat ini mesti terukur. 

"Pengawalan dan pengawasan kegiatan fisik harus dilakukan. Untuk memastikan hasil dan penggunaan anggran. Kalau pekerjaan bejalan sesuai rencana, maka asas manfaat bagi masyarakat dapat dirasakan secara langsung. 3 poin itu menjadi agenda kami dalam pengawasan," jelas Ketua DPRD Mukomuko. 

Pada perinsipnya, DPRD mendukung program pembangunan yang dijalankan eksekutif. Agenda pembangunan itu tentu merujuk pada visi dan misi Kepala Daerah yang telah diterjemahkan dalam Renjana Pembangunan Jangaka Menengah Daerah (RPJMD) serta berdasarkan aspirasi masyarakat. 

"Bentuk dukungan pertama tentu sudah kami tunaikan, yaitu pengalokasian dana atau anggran. Maka, pengawasan dalam pelaksanaan juga bagian dari langkah legislatif mendukung pembangunan," ucapnya. 

Ali mengapresiasi langkah Bupati bersama jajaran saat ini yang terus berupaya mencari dana tambahan dari pemerintah pusat. Ratusan miliar Dana Alokasi Khusus (DAK) mengalir ke Mukomuko untuk percepatan pembangunan dan memenuhi harapan masyarakat. 

BACA JUGA:Penetapan Hasil Seleksi Administratis PPK Kabupaten Mukomuko Tahun 2024

BACA JUGA:DPRD Mukomuko Targetkan Pembahasan 9 Raperda Tuntas Tepat Waktu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: