Tahukah Kamu, Alat Elektronik Tak Dicabut Setelah Dipakai Masih 'Makan' Listrik?

Tahukah Kamu, Alat Elektronik Tak Dicabut Setelah Dipakai Masih 'Makan' Listrik?

Pernah enggak sih kamu bertanya-tanya apakah iya mencabut colokan alat elektronik yang tidak digunakan ampuh menghemat tagihan listrik-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernah enggak sih kamu bertanya-tanya apakah iya mencabut colokan alat elektronik yang tidak digunakan ampuh menghemat tagihan listrik

Lalu, seberapa efektifkah cara tersebut agar pengeluaran bulanan lebih hemat terkhusus untuk tagihan listrik setiap bulannya.

Tidak hanya itu, kamu pasti juga sering menganggap mematikan alat elektronik seperti TV hingga charger dengan kondisi colokannya masih menancap di stop kontak sudah termasuk menghemat listrik?

Nah, kebiasaan-kebiasaan tersebut ternyata sangatlah keliru. Berikut penjelasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Makan Mie dengan Nasi Amankah Bagi Tubuh? Begini Penjelasannya

BACA JUGA:Kaki Sering Kesemutan dan Mati Rasa, dr Zaidul Akbar Sarankan Lakukan Ini, Tanpa Efek Samping

Mematikan Alat Elektronik tapi Colokan Masih Menancap Tidak Menghemat Listrik

Hampir semua orang masih beranggapan bahwa mematikan alat elektronik seperti televisi, kipas angin, mesin cuci, hingga charger sudah termasuk menghemat listrik. Nah, hal tersebut ternyata sangatlah keliru.

Mematikan alat elektronik dengan kondisi colokan di stop kontak atau terminal masih menancap, maka aliran listrik juga masih berjalan.

Pasalnya, setiap aliran listrik yang kita pakai dinilai tidak akan berhenti jika tidak mencabut colokan alat lektronik dari stop kontak.

Dengan demikian, meski alat elektronik dimatikan namun colokan masih menancap maka tidak akan menghentikan energi listrik dan malah menguras atau menambah tagihan setiap bulannya. 

Sebab, hal-hal tersebut dianggap masih belum memutus aliran listrik.

Bahkan, sebuah charger HP atau laptop meski tidak tersambung tapi masih menancap di stop kontak juga masih dialiri listrik. 

Dengan kata lain, meski tergolong sedikit, namun tagihan listrik dinilai masih tetap berjalan walau tidak tersambung ke alat elektronik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: