Bank Bengkulu Salurkan Rp 100 Miliar Dana UMKM Program KUR

Bank Bengkulu Salurkan Rp 100 Miliar Dana UMKM Program KUR

Salah satu pelaku usaha di Bengkulu terima dana UMKM Program KUR dari Bank Bengkulu-(Foto: Tri Yulianti)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebanyak 5 orang pelaku usaha di Bengkulu menerima dana UMKM Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari PT Bank Bengkulu , Selasa (30/5/2023).

Penyerahan simbolis dana UMKM program KUR Debitur PT Bank Bengkulu ini dilakukan di Aula Bank Bengkulu lantai 7, dan dihadiri langsung seluruh Komisaris Bank Bengkulu dan pihak Kejaksaan Tinggi Bengkulu.

Disampaikan Plh Direktur Bank Bengkulu Alfian, Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan terhadap UMKM, salah satunya UMKM yang ada di Bengkulu.

Program ini sambungnya, dimaksudkan untuk memperkuat kemampuan permodalan usaha. Dimana salah satu rencananya adalah memberikan fasilitasi bagi UMKM untuk mendapatkan kredit bunga rendah dari perbankan.

BACA JUGA:OJK Sebut Moratorium Pinjol Siap Dicabut, Perusahaan Pinjol Bakal Merajalela?

BACA JUGA:Puluhan Pinjol Legal Terancam Ditutup OJK, Hutang Debitur Langsung Lunas?


Foto bersama jajaran Komisaris Bank Bengkulu pada penerima dana UMKM Program KUR Bank Bengkulu-(Foto: Tri Yulianti)-

"Ini dapat menjadi satu pijakan penting bagi terbukanya alur permodalan untuk usaha produktif di Provinsi Bengkulu. Sehingga diharapkan mampu mendorong terciptanya iklim usaha yang segar, dan dapat mendorong bangkitnya geliat ekonomi lokal yang sempat terpuruk dimasa pandemi covid, " ujar Alfian.

Lebih lanjut, kredit usaha rakyat diberikan kepada pengusaha secara perseorangan, badan usaha, dan kelompok usaha yang produktif dan layak. Namun memiliki agunan tambahan yang cukup. 

Hal ini bertujuan untuk mewujudkan peningkatan dan perluasan akses pembiayaan kepada usaha produktif, peningkatan kapasitas daya saing UMKM, dan pemberian dorongan atas pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

"Oleh karena itu, penting bagi para pelaku usaha produktif untuk mengetahui alur dan proses pelaksanaan program ini, sehingga akses permodalan dan pengembangan usaha dapat terbuka lebih lebar," imbuhnya.

Disisi lain, Kepala Kejaksaan Tinggi Bengkulu Dr Heri Jerman menyampaikan, dana UMKM Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini merupakan salah satu program tematik pemerintah.

Tujuannya tidak lain untuk mengetaskan kemiskinan yang ada di Indonesia termasuk di Provinsi Bengkulu. Pesan Kejaksaan dalam hal ini yaitu untuk memastikan program ini dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya keraguan yang menimbulkan dampak di kemudian hari.

"Ini salah satu program tematik pemerintah, yang mana tujuannya untuk mengentaskan kemiskinan dan termasuk didalamnya ada penguatan ekonomi. Melalui penyaluran KUR inilah diharapkan bisa memperkuat perekonomian di Bengkulu. Dalam penyaluran ini, tentu perlu pendampingan agar tidak ada keraguan dalam pelaksanaannya," pungkas Heri Jerman usai menghadiri acara penyerahan dana UMKM Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Bank Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: