Apakah Bersiul Mengundang Jin dan Mahluk Halus? Begini Hukumnya dalam Agama Islam

Apakah Bersiul Mengundang Jin dan  Mahluk Halus? Begini Hukumnya dalam Agama Islam

Ilustrasi bagaimanakah hukum bersiul dalam agama Islam-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dari tafsir tersebut dapat dipahami bahwa bersiul adalah perbuatan tidak baik di tempat-tempat yang mulia, seperti masjid, sekolah, perpustakaan dan tempat-tempat lainnya. Sebab, bersiul termasuk dalam kategori al-akhlaq ar-radi’ah (perilaku yang buruk)

Lantas bagaimana Islam memandang hukum bersiul tersebut? 

Para ulama tidak membahas secara khusus bagaimana hukum dari bersiul. Namun diterangkan bahwa bersiul adalah tradisi ibadah orang kafir di zaman Nabi Muhammad SAW.

Ada ulama yang menjelaskan bahwa bersiul hukumnya makruh. 

Syekh Abdul Qadir berkata: “Bersiul dan tepuk tangan merupakan hal yang dimakruhkan.” (Ibnu Muflih, al-Adab asy-Syar’iyyah, juz 4, hal. 57)

Meski begitu bersiul tak selalu dipandang buruk oleh masyarakat belakangan ini. Apalagi jika tujuan yang dilakukan adalah untuk hal-hal yang baik, seperti untuk menenangkan bayi saat menangis dan lain sebagainya.

Adapun jika bersiul dilakukan untuk mengganggu orang bahkan menggoda wanita, maka bersiul masuk dalam kategori perbuatan yang haram dilakukan.

Mitos Bersiul Bisa Datangkan Jin 

Banyak masyarakat, khususnya di Jawa menyakini bahwa bersiul di malam hari akan mengundang jin atau makhluk halus lainnya datang.

Mitosnya adalah ketika siulan mendapat balasan, berarti akan ada jin atau hantu yang akan menghampiri.

Sebenarnya mitos dalam masyarakat Jawa memiliki tujuan tertentu. Terkadang mitos ini ditambahkan unsur mistik agar lebih dipercaya orang.

Bersiul pada malam hari ini dilarang untuk dilakukan karena pada malam hari banyak orang sedang istirahat ataupun beribadah.

Apalagi di zaman dulu, desa akan sepi ketika malam hari sehingga bersiul pada waktu ini dapat mengganggu tetangga.

Di sisi lain, ternyata bersiul juga digunakan sebagai sebuah kode dari pasukan satu ke pasukan lain di zaman dahulu. (AMX)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: