Sering Merasa Lelah? Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sering Merasa Lelah? Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Selain faktor kebiasaan, ada beberapa kondisi lingkungan yang juga dapat menyebabkan rasa lelah berlebihan-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS. COM- Anda sering mudah merasa lelah, padahal memiliki banyak waktu beristirahat dapat menjadi tanda adanya masalah dengan kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan buruk seperti kurangnya olahraga, kurang tidur, pola makan yang tidak sehat bahkan postur tubuh yang buruk pun dapat memengaruhi tingkat energi tubuh secara keseluruhan. 

Selain faktor kebiasaan, ada beberapa kondisi lingkungan yang juga dapat menyebabkan rasa lelah berlebihan. Bisa saja kondisi-kondisi ini tidak disadari dan berlanjut terus menerus. Apa saja kondisi yang dimaksud? Inilah kebiasaan buruk yang dapat menguras energi.

BACA JUGA:Mengenal Vending Machine? Begini Cara Kerjanya!

Kebiasaan Buruk yang Bisa Menguras Energi

1. Bekerja di Meja yang Berantakan

Bekerja di lingkungan yang berantakan dapat meningkatkan gangguan dan menyebabkan kurang fokus. Akibat lingkungan yang berantakan, maka akan berdampak pada hasil kerja yang membutuhkan waktu lama untuk diselesaikan. Pada akhirnya, hal ini juga mengharuskan kamu menggunakan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas-tugas.

Untuk mengatasi hal ini, kamu harus pintar mempertahankan lingkungan yang rapi dan terstruktur. Ini akan membantu mencapai target kerja setiap hari dan mengurangi terlalu banyak pemakaian energi.

2. Postur Tubuh yang Bungkuk

“Postur tubuh yang buruk dapat menguras energi dengan memberi tekanan lebih pada otot, persendian, dan ligamen tubuh,” kata Naueen Safdar, Direktur Medis di EHE Health. 

BACA JUGA:Tips Tetap Langsing, Sehat dan Bahagia untuk Wanita 40 Tahun Keatas

Tubuh akan lebih kelelahan karena ditekan terus menerus. Jika ingin mempertahankan postur tubuh yang baik maka gunakan produk ergonomis seperti kursi yang disesuaikan dengan bentuk tubuh atau dengan kursi beralaskan bantal. Itu sudah cukup menciptakan lingkungan kerja yang nyaman untuk tubuh.

3. Merencanakan Sesuatu Jauh-jauh Hari 

Perencanaan memang sangat membantu sampai titik tertentu, namun jika dilakukan jauh-jauh hari maka akan menguras energi. Seperti halnya yang dikatakan Tyson Lippe, seorang psikiater di Heading Health di Texas bahwa sengaja mengalokasikan waktu untuk rencana tertentu secara berlebihan, dapat membuat pergerakanmu tidak fleksibel dan memaksamu untuk hidup di masa depan, bukan saat ini. Artinya, kamu terlalu menekan dirimu untuk suatu hal yang belum terjadi.

BACA JUGA:Begini Cara Mengetahui Kondisi Kesehatanmu dari Warna Lidah-mu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: