Saat Menjenguk Orang Sakit, Rasulullah Mengajarkan 5 Doa ini

Saat Menjenguk Orang Sakit, Rasulullah Mengajarkan 5 Doa ini

Ilustrasi Sakit-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Menjenguk orang sakit adalah salah satu sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Selain sunnah menjenguk orang sakit merupakan salah satu bentuk empati dalam kehidupa sosial.

Dengan menjenguk saudara, teman atau tetangga yang sakit kita telah memberikan bentuk perhatian dan semangat agar mereka cepat sembuh. Tak hanya menjenguknya saja, namun kita juga bisa berdoa kepada Allah SWT agar saudara, teman, tetangga atau orang yang tengah sakit bisa cepat sembuh.

Berikut ini 5 doa yang bisa kita panjatkan saat menjenguk orang yang sakit agar diberi kesembuhan.

BACA JUGA:Doa untuk Orang Sakit yang Diajarkan Rasulullah

1. Doa pertama

Doa pertama yang bisa kita panjatkan saat menjenguk orang sakit adalah dengan membaca 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبْ الْبَاسَ اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا 

(Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa isyfihi wa antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaa’an laa yughadiru saqaman). 

Artinya: 

"Ya Allah Rabb manusia, zat yang menghilangkan rasa sakit, sembuhkanlah sesungguhnya Engkau zat yang Maha menyembuhkan, tidak ada kesembuhan melainkan dari kesembuhan-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit. (HR Bukhari).

BACA JUGA:Ingin Dikejar Rezeki, Amalkan 5 Doa ini

2. Doa Kedua

Doa kedua yang bisa kita panjatkan saat menjenguk orang sakit ini sebaiknya dibaca sebanyak tujuh kali. Doa ini diriwayatkan dalam hadist Abu Daud. Dimana Ibnu Abbas menyatakan, Rasulullah Saw bersabda, "Barangsiapa yang mengunjungi orang sakit yang belum datang ajalnya kemudian ia mengucapkan (doa) di sebelahnya sebanyak tujuh kali: As alullaahal 'azhiim rabbal 'arsyil 'azhiim an yasyfiyaka, Allah akan menyembuhkannya dari penyakit tersebut."

Doanya adalah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: