10 Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Termasuk Indonesia

10 Daftar Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Termasuk Indonesia

Ilustrasi penambang emas tradisional-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai sangat tinggi. 

Setiap tahun, hampir selalu terjadi peningkatan harga sehingga membuat sebagian orang memilih logam kekuningan ini sebagai media investasi. 

Berbagai negara pun terus berbondong-bondong mencari lokasi sumber penambangan baru untuk digali. 

Lantas, dimana sajakah negara penghasil emas terbesar di dunia? 

BACA JUGA:Tak Peduli Sanksi Negara Barat, Iran Tetap Kirim Kendaraan Militer Canggih ke Rusia

World Gold Council merilis daftar 45 negara penghasil emas tertinggi di dunia. Ekstraksi emas menjadi bisnis yang beroperasi global kecuali di Antartika. 

Berikut 10 besar negara yang menyumbang kebutuhan emas di bumi berdasarkan penyebaran titik penambangan dan pasokannya dari data 31 Desember 2021. 

1.    Cina

Cina menjadi kontributor produksi emas global sekitar 9 persen atau sebesar 332 ton. Meski mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya, yakni 368,3 ton pada 2022. Rangking pertama sebagai produsen terbanyak logam mulia dengan nomor atom 79 masih dipegang oleh Negeri Tirai Bambu. 

2.    Rusia

Negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin ini sukses menempati posisi kedua dengan hasil penambangan emas sebanyak 330,9 ton. Sebagian besar emas di Eropa disebut berasal dari Rusia. Diketahui bahwa pemerintah dalam negeri yang membeli sekitar dua pertiga dari total produksi emas lokal. 

BACA JUGA:Kain Tapis Khas Lampung Dipakai di Penobatan Raja Charles III

3.    Australia

Peringkat ketiga negara penghasil emas terbesar di dunia diraih oleh Australia. Nama negara sekaligus benua ini mencatatkan peningkatan hasil pertambangan selama tujuh tahun berturut-turut. Perolehan total dari ekstraksi logam mulia ini mencapai 315,1 ton. Produksi dari proyek tambang tertinggi berada di Mount Morgans dan Cadia Valley. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: