Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas Ekstrem

Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas Ekstrem

ilustrasi cuaca panas-istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Dalam beberapa waktu terakhir, cuaca yang sangat panas melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengungkapkan cuaca yang sangat panas yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir tersebut karena adanya pergerakan semu Matahari yang merupakan siklus normal yang terjadi setiap tahun.

Cuaca sangat panas ini banyak dikeluhkan, karena membuat tidak nyaman terlebih lagi bagi mereka yang harus berolahraga diluar ruangan. Cuaca panas tersebut selain dikeluhkan juga bisa berdampak pada kesehatan.

Hal tersebut dikarenakan cuaca yang sangat panas bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh tersebut maka akan menganggu kesehatan dan rentan terhadap serangan penyakit.

BACA JUGA:Waspada Daerah ini Terkena Cuaca Panas Ekstrem, Cek Data Suhu BMKG 22-23 April

Agar tidak sakit, maka saat cuaca yang sangat panas ini maka sangat penting untuk menjaga kesehatan, sehingga tubuh tetap fit dan bisa menjalankan aktifitas sehari-hari tanpa terganggu.

ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat cuaca yang sangat panas seperti saat ini.

1. Pebanyak Minum Air Putih

Salah satu dampak dari cuaca yang sangat panas adalah dehidrasi pada tubuh, oleh karena itu untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh maka kita harus banyak minum air putih.

Untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, maka kita minimal harus minum air putuh delapan gelas setiap harinya. Bahkan jika melakukan aktivitas fisik yang lebih atau bekerja diluar ruangan atau lingkungan yang panas maka konsumsi air putih harus lebih banyak lagi.

BACA JUGA:Diduga Faktor Cuaca Panas, 4 Mobil Terbakar di Banjarbaru!

2. Hindari Kotak Langsung dengan Matahari

Saat cuaca yang sangat panas, hal yang harus kita hindari adalah terkena sinar matahari langsung. Karena bila terlalu lama terkena sinar matahari saat cuaca sangat panas bisa merusak kulit bahkan bisa menjadi pemicu kanker kulit.

Selain itu, menghindari paparan langsung sinar matahari, kita bisa menggunakan topi maupun payung saat berada diluar ruangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: