PT Asdam Terancam Ditutup

PT Asdam Terancam Ditutup

\"limbahARGA MAKMUR, BE - Limbah PT Asdam Jaya yang berada di Kelurahan Gunung Selan diketahui positif mencemari lingkungan sungai. Hal ini berdasarkan hasil uji lab dari Badan Lingkungan Hidup tehadap limbah perusahaan yang bergerak dalam pengolahan batu kali itu.

Limbah PT Asdam tidak hanya mengalir di sungai namun juga menyebar ke tanah dan tumbuhan sawit warga. Akibatnya sebagian pohon sawit yang terkena limbah mati. Sedangkan jika hujan deras, semua limbah terjun ke Sungai Air Lais.

Kepala BLH, Alex Pirmansyah, MM menyampaikan hasil lab tersebut bahwa Sungai Air Lais tersebut memang sudah dicemari oleh limbah PT Asdam Jaya. \"Jika dalam waktu dekat ini perusahaan yang bergerak di batu kali tak mengindahkan teguran yang sudah kita sampaikan itu, kita akan ambil tindakan tegas, dengan menutup izin operasi perusahaan itu,\" tegas Alex.

Menurut Alex, limbah PT Asdam Jaya yang mencemari lingkungan Sungai Lais bisa merusak kesehatan warga karena digunakan warga untuk kegiatan sehari-hari.

\"Hasil dari laboratorium kita, bahwa kandungan COD dan kandungan minyak lemak yang di atas rata-rata normal mencapai 259. Sedangkan diketahui kadar maksimum harus di bawah 25 COD, dan kandungan minyak lemak mencapai 51.000 yang seharusnya kadar maksimum kandungan minyak harus dibawa 1000, jadi ini sudah positif mencemari lingkungan,\" papar Alex.

Alex menambahkan, BLH kembali akan memberikan teguran kedua kepada PT Asdam serta secepatnya membuat tempat penampungan limbah yang permanen dan menyedot limbah yang telah mencemari lingkungan sekitar. \"Kami memberikan deadline kepada PT Asdam Jaya sampai tanggal 27 Maret untuk membuat tempat penampungan limbah serta linbag harus disedot. Apabila hingga waktu yang telah ditetapkan tidak ada perubahan, maka sanksi tegas berupa izin operasi akan segera dihentikan. (117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: